Free SSL Certificate
10 Top Selebritis Wanita Dunia
10 Top Selebritis Wanita Dunia Pemilik Follower Instagram Terbanyak
March 31, 2017
Kerajinan Tangan Khas Daerah
Kerajinan Tangan Khas Daerah di Indonesia Yang Populer
April 2, 2017

Tuntunan Cara Melaksanakan Ibadah Haji dengan Khusuk dalam Sebuah Buku Karya Pakde Abdul Cholik

Tuntunan Cara Melaksanakan Ibadah Haji

Tuntunan Cara Melaksanakan Ibadah Haji, Pakde Abdul Cholik menulis pengalamannya dalam sebuah buku yang berjudul Dahsyatnya Ibadah Haji dalam kemasan yang cukup tebal. Sebagaimana pada umumnya, ketebalan sebuah buku menandakan detil dan rinci dari isi yang disampaikan. Dan kenyataanpun demikian. Buku ini menjadi buku favoritku dan memberikan sebuah harapan dan keinginan aku akan mengikuti jejak beliau, segera menginjakan tanah suci.

Lantas apa yang menarik dari buku ini?

Foto : Koleksi Pribadi

Ini, yah sedikit aku ceritakan. Isinya tentang :

Tuntunan Cara Melaksanakan Ibadah Haji Lengkap dari Masa Persiapan, Pelaksanaan, Sampai Tiba di Tanah Air.

Ini yang jarang ditemukan di buku lainnya. Semua diulas tuntas sejak mempersiapkan jauh-jauh hari, bahkan dari sejak mempersiapkan biayanya.

Sedikit saya uraikan satu per satu.

Masa Persiapan Haji

Persiapan

Sumber : JPNN.Com

Jaman internet beda dengan jaman dulu. Mereka yang saat ini tidak menggunakan internet juga akan berbeda dengan yang kerap menggunakan internet. Bahkan pengguna internet kadang memiliki rasa bosan jika harus memandang komputer untuk mempelajari apa yang akan dipersiapkan untuk berangkat ke tanah suci.





Pakde, memahami kondisi ini. Beliau adalah seorang blogger. Sebagaimana yang diceritakannya betapa dulu cukup kesulitan untuk mendapatkan informasi yang lebih detail untuk mempersiapkan ibadah haji. Kalaupun ada beberapa di antaranya lebih ke pelaksanaannya.

Lagi-lagi di sinilah kejelian Pakde. Persiapan itu penting. Tepat sekali jika lantas beliau ini menyampaikan bagaimana mempersiapkan dari mulai perbekalan, apa yang penting untuk dibawa sampai pada persiapan untuk syukuran keberangkatan.

Cerita ini disampaikan dengan tuntas termasuk alasannya. Tidak sedikit pula dengan nada-nada guyon khas beliaunya yang sama sekali tidak mengurangi tips inti yang harus kita lakukan.

Tidak hanya itu, kondisi di Asrama Haji, di Bandara, dalam penerbangan sampai kita mendarat di Arab Saudi sana, juga disampaikan secara terperinci baik kondisi maupun tatacara kita memperlakukan bagasi yang menjadi salah satu perbekalan kita dalam melaksanakan Rukun Islam Kelima ini.

Masa Pelaksanaan dan Kondisi di Arab Saudi

Pelaksanaan Ibadah Haji

Sumber : NeutralNews.Com

Kendatipun banyak tuntunan ibadah haji, sebagaimana kita sering memperoleh informasi yang diterbitkan oleh Departemen Agama, namun buku ini juga memberikan penjelasan dan lebih lengkap. Seperti misalnya bagaimana sikap dan pengalaman beliau ketika melakukan semua rukun haji yang wajib dilaksanakan serta tuntunan amalan sunah lainnya yang perlu kita lakukan.

Pengalaman tersebut ditulis dengan baik dengan cerita seakan kita sedang bersama-sama menjalankannya. Dan sangat mudah dipahami dan membayangkannya.

Beberapa kondisi lain yang diceritakan adalah ketika berhubungan dengan masyarakat setempat, penjual, restoran dan lain sebagainya yang jarang kita dapatkan di buku-buku lainnya. Inilah sisi-sisi lain yang menarik dari Dahsyatnya Ibadah Haji ini. Tidak ketinggalan diceritakan ketika kita memperoleh air zamzam dan belanja oleh-oleh untuk anak, saudara dan kerabat di tanah air. Bagian ini juga sesuatu yang sangat seru.

Masa Kepulangan ke Tanah Air.

pulang

Sumber : SuaraMuslim.Com

Tahap ini adalah tahap akhir ketika selelsai melakukan ibadah haji. Pakde juga memberikan tips-tips supaya ketika kepulangan kita bisa melaluinya dengan tertib. Tidak ada barang yang ketinggalan dan tips untup tetap riang dalam perjalanan sampai tiba di tanah air.

Semua dijelaskan dengan secara menyeluruh.

Ini adalah saat yang tepat bagi mereka yang akan berangkan ke tanah suci nanti. Mulai sekarang persiapkan untuk mempelajari secara detil supaya yang akan berangkat tadi sudah memiliki ceklist yang terperinci. Buku ini juga tepat untuk dijadikan referensi sebagai bahan diskusi dengan sesama anggota suatu kelompok pemberangkatan. Kita akan memiliki bahan untuk saling memberi informasi dan mengingatkan member lain yang kelak akan menjadi teman dalam perjalanan dalam melaksanakan ibadah haji.

Sang Penulis

Tuntunan Cara Melaksanakan Ibadah Haji

Lengkapnya adalah Brigadir Jendral (Purn) H. Abdul Cholik. Beliau kini adalah seorang blogger yang rajin menulis di blognya http://www.abdulcholik.com. Kami sering bertemu dalam sebuah kopdar blogger yang sering diadakan oleh beliau di Surabaya. Kini beliau dalam menikmati masa pensiunnya, kembali ke kota asalnya yaitu di Jombang. Sebuah tempat yang asri di daerah Megaluh yang kiri kanan tidak luput dari pemandangan bentangan pesawahan yang indah.

Artikel terkait : Kota Surabaya | 7 Alasan Yang Membuat Kangen Dan Ingin Kembali

Buku ini ditulis oleh beliau pada tahun 2014 dan sudah banyak yang mengulas. Keinginannya menulis pengalamannya ketika melakukan ibadah haji lalu, beliau tumpahkan ke dalam buku Dahsyatnya Ibadah Haji yang ditulisnya dengan detil dan mudah dipahami oleh pembaca.

Buku ini adalah salah satu buku terbaik yang dihasilkan dari tangan beliau. Bagi saya sangat layak bahkan wajib dimiliki oleh mereka yang akan menunaikan ibadah haji. Bahkan bagi yang sudah berangkatpun, tidak ada salahnya membaca. Karena akan menjadi pengingat atau nostalgia ketika membacanya.

Buku ini bisa diperoleh di Toko Buku Gramedia atau Toko Buku terdekat di mana pembaca blog ini tinggal. Jika tidak tersedia, belanja secara online juga akan mudah diperoleh.

Bisa dibaca tentang toko online :

Marketplace Yang Menarik Perhatian Saya

Forum Jual Beli Yang Ramai di Indonesia.

Semoga kami dan keluarga juga kelak akan mengikuti jejak Pakde Abdul Cholik dan pembaca blog ini yang akan segera berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji.

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.