Free SSL Certificate
Toko Online Batik
Ini Tempat Saya Jualan Batik Secara Online
January 3, 2017
Bakso yang enak di Solo
Bakso Yang Enak dan Terkenal di Solo
January 6, 2017

Tips Foto Produk Untuk Jualan di Toko Online

Tips foto produk toko online

Newbie kok kasih tips sih ? Gak apa ya. Ini juga mengingatkanku. Soalnya abis diskusi banyak dengan temenku tentang foto produk yang baik untuk jualan atau mengisi toko online yang dimiliki. Diskusinya juga gayeng. Dari mulai kamera sampai cara memotret. Sayangnya suamiku tidak dikut. Namun, aku masih ingat sarannya jika aku mau tidak mau harus memotret barang yang akan dipajang.

Dasarnya adalah kejelasan memberikan kejelasan kepada calon customer untuk melihat produk kita atau sebutlah batik supaya mirip dengan aslinya. Ibarat kata sebuah etalase, maka barang itu harus sama atau mendekati dengan yang senyatanya baik dilihat melalui layar komputer, laptop, smartphone, dan tab.

Tips Foto Produk Untuk Jualan atau Toko Online

Baiklah supaya gak muter, kita susun aja beberapa yang penting hasil diskusi dan saran dari suamiku yang masih aku ingat.

  • Seperti disampaikan di atas, yang pertama ini harus mirip, kalau bisa pakai banget walau tidak akan sama. Karena jika bedanya terlalu jauh kita akan kena komplen. Masih beruntung kalau tidak disebut penipu juga. Ini demi kepercayaan supaya barang yang dijual dikatakan sesuai.
  • Gambar harus tajam. Memotret dengan DSLR lebih bagus. Tapi, pake handphone juga dapat menghasilkan foto yang baik dan detil, seperti halnya Xiaomi yang aku gunakan menurutku sih lumayan baik, ya. Ohya, dulu MYY sampe percobaan menggunakan lensa macro yang memang diperuntukan memotret produk supaya detilnya bisa terambil. Bahkan MYY setelah punya DSLR pantang untuk mengapload foto yang tidak tajam. Lebih-lebih untuk foto produk.

Contoh Hasil Foto Xiaomi Redmi 3 Pro

Contoh hasil Xiaomi Redmi 3 Pro




  • Memenuhi unsur teknik foto yang baik. Tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Jika terang akan menonjol kan silau dari warna putih, sedangkan kalau gelap akan terlihat ngeblok hitam. Jika keduanya ada maka detilnya tidak akan tertayang dengan baik.
  • Warna harus mendekati sempurna. Jujur saja aku belum bisa setting di kamera apapun menyetel white balance supaya mendekati sempurna. Jika motret pake DSLR pasti white balance diset auto. Tapi kadang tidak sama dengan aslinya. Untuk menyamakan, aku hanya diajarin lewat Lightroom, dimana tombol pipet warna putih diset ke warna abu-abu terang pada foto yang akan diperbaiki sehingga secara otomatis akan membuat netral dan mendekati aslinya. Atau menggeser-geser tombol white balance tadi dengan mendekatkan produk yang akan dipajang fotonya di depan layar. Aku biasanya membandingkan warna yang menonjol supaya membandingkannya mudah.
  • Backgroundnya netral atau lebih baik lagi warna putih atau abu supaya produk jelas terlihat sempurna. Sebaiknya backroundnya tidak banyak ornamen supaya fokus pada foto produknya.
Tips Foto Produk untuk TOko Online

Salah satu contoh produk makanan, walau menurutku belum sempurna, tapi tajam dan tajamnya kelihatan dan tegas karena backroudnya putih. Foto by MYY.

  • Gambar harus utuh atau tidak terpotong, walau kadang kalau terpaksa, lebih-lebih gambar yang dikirim oleh supplier yang sudah bagus, ada yang dipaksakan sih. Tapi baiknya harus utuh malah kalau bisa dibuatkan beberapa gambar untuk memperjelas kondisi barang. Walaupun ada potongan detil, itu soal lain ya, dengan catatan harus ada deskripsi yang menjelaskan tentang potongan tadi.
  • Ukuran gambar setelah melalui proses cropping tidak terlalu kecil, supaya konsumen dapat dengan mudah melihat detilnya. Supaya upload di web ringan, aku diajarin suamiku untuk dikompress terlebih dahulu melalui jpeg-optmizer.com. Patokanku sebagaimana disarankan adalah dibawah 100kb baru aku upload. Di atas itu, katanya berat. Lihat artikel Beda Nulis di Blog dengan Catatan Biasa.
  • Sebaiknya deskripsi produk tidak di dalam foto. Kan di halaman produk juga nanti disebutkan keterangan yang lebih detail lagi. Bahkan sama harganya. Itupun kalau dicantumin, sih.

Segitu aja dulu, hasil diskusi dengan teman dan masukan dari MYY. Kalau kurang, silakan ditambahkan ya, atau jika ada yang keliru monggo dikoreksi. 🙂

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *