Free SSL Certificate

Tantangan Memiliki Usaha Toko Online khususnya batik sangat banyak, perlu kerja keras untuk menembusnya disamping ada juga kebahagian yang patut disyukuri. Semua harus dilalui tanpa terkecuali walau kondisinya berbeda satu sama lainnya.

Sebetulnya banyak hal yang ingin aku ceritakan, terstruktur dari mulai ketika aku membuka pertama kalinya, alasannya membuka toko online  serta berbagai hal, suka dan duka. Namun ada point yang beum lengkap untuk menceritakan sedetil itu, karena umur tokoku masih muda. Baru dua tahun. Jadi ini adalah tantangan dalam kurun waktu 2 tahun lebih dikit itu.

Tantangan Memiliki Usaha Toko Online Batik Ganitri

1. Merasakan perubahan yang cukup drastis.

Perubahan

Dulu mencari uang  selalu di kantor yang representatif selama belasan tahun di dunia perbankan, dua tahun yang lalu aku berkantor di sebuah komputer dan handphone. Bahu membahu dengan suamiku yang tidak sedikit aku berbeda pendapat. Kadang masih terbawa suasana berkantor  yang meriah berbaur dengan karyawan lainnya. Menyesuaikan inilah yang harus dijalani.  

2. Meneliti produk yang disukai.

Kain Shibori

Kain Shibori, yang menjadi andalan tokoku saat ini dan sedang ramai.

Berbeda dengan belasan tahun lalu, produkku sudah ditentukan kantor pusat, tanpa riset aku langsung “jualan dan kelola dana” di bank dengan asyik. Walau sibuk tapi seakan banyak yang bantu memikirkan aktifitas bahkan untuk memutuskan kebijakan tertentu yang menjadi wilayahku. Kini semua dimulai dari awal. Aku harus menyentuh mereka dengan produk yang diinginkan, belajar segala macam segala hal yang berhubungan dengan batik dan busana. Tapi aku suka karena dalam hal pakaian, aku ada kecocokan dengan suamiku yang dulu agak agak modis ha ha.

3. Tenaga.

tenaga batik ganitri

Ketika toko onlineku mulai berdiri di Surabaya, aku mengalami kesulitan untuk membuat produkku sendiri, terutama mencari partner penjahit yang mumpuni yang sekiranya bisa dibuat untuk massal. Walaupun ada di sekitarku, akan tetapi beberapa kali kena komplain suamiku karena kurang pandai menjahit pakaian batik. Kalaupun ada bukan untuk produk massal. Kini di Solo, karena memang kota batik terlebih aku berdampingan dengan Kampung Batik Laweyan yang merupakan sentra batik di kota Solo, aku cenderung lebih mudah mencari tenaga menjahit yang mumpuni untuk menyambung kain sesuai dengan ide desainku. Tenaga yang dapat dikerahkan cukup melimpah.

Model Baju Seragam Batik

Kini aku siap menangani order seragam batik, berapapun banyaknya. Sebentar lagi order dari Kendari sebanyak 300 pcs hampir kelar. 

Ada yang mau order?

Monggo sms dulu ya di nomor ini : 081319852998 (WA by request)

4. Harus banyak tahu motif batik.

Motif Batik Klasik

Lagi-lagi suamiku lebih banyak tahu lah pokoknya. Dia pecinta batik sejak tahun 1994. Batik fanatiknya yang punya museum ini. Aku yang asli Solo sejak pacaran itu malah diajari dia bagaimana memilih batik yang bagus wkwkwkwk. Aneh, kan? Kalo sekarang, ya sebanding lah. Malah sekarang suamiku lebih suka menggunakan batik buatanku. he he. “Unik”, katanya.  Cieee cieeee.

5. Mengamankan toko online atau web.

Tantangan Memiliki Usaha Toko Online

Beberapa kali BatikGanitri.Com dan Catatan Lelly ini dijajal menjadi arena percobaan pembobolan web oleh mereka yang berlatih deface (istilah dari Pak Dwi) yang menyebabkan blog menjadi rusak. Tampilannya jadi berubah seperti gambar di atas. Aku lebih familiar dengan istilah hack.Karena dulu sering diskusi dengan bagian IT kantorku untuk sistem pengamanan transaksi.  Beruntung dalam menghadapi kasus seperti ini suamiku sedikit sigap dan mudah menemukan masalahnya. Hanya jujur saja, sangat menganggu.

Bagi mereka yang mencari identitas sok jago ngehack webku yang sedang usaha ini, plis deh, berlatihlah dengan web sendiri, buat sendiri. Kata suamiku banyak loh hosting gratisan yang bisa dijadikan ajang belajar. Kami memiliki 3 orang anak yang harus dihidupi. Web salah satu tempat usaha kami mencari penghidupan. Bayangkan jika web ini milik anda. Pasti marah, kan?

6. Tidak Pernah Lepas dari Handphone.

HP Slate 7 VoiceTab

HP VoiceTab Slate 7, aku dulu menggunakan tab ini. Sekarang cukup menggunakan Xiaomi Redmi 3 Pro yang murah saja dah bisa komunikasi dengan pelangganku.





Dulu jarang sekali aku lakukan. Handphone hanya untuk sms dan telepon, paling jauh ya BBMan karena dulu aku pake BB jadul sebagai senjata menyesuaikan diri dengan era menggunakan smartphone. Dua tahun berjalan ini alhamdulillah aku sudah familiar dengan featur yang ada pada android. Facebook mulai aktif, twitter, instagram dan lainnya. Walau belum mahir betul dalam mengelolanya tapi mau tidak mau aku harus cekatan dan rajin  melihat notifikasi. Tidak terkecuali media komunikasi seperti telepon, SMS, BBM dan Whatsapp menjadi feature yang sangat penting untuk hadir.




Jempolku perasaan tambah bengkak aja.  Dulu boro-boro main fesbukan. Paling mendampingi suami ngeblog, karena aku suka melihat statistik blognya yang ramai. Kadang kalau malam minggu suka sampai dini hari sambil sedikit-sedikit belajar.

7. Tetangga.

tetangga

Ya dulu banyak yang bilang, Mbak Lelly kok sekarang di rumah terus? Wkwkwk wis ben lah. Dulu mungkin jadi pejabat bank, sekarang jadi pengangguran karena gak kemana-mana. Mereka gak tahu, kalau sebentar lagi Batik Ganitri akan sebesar pabrik di belakang rumahku wkwkwk wkwk. Aamiin.

Dah ah, besok cerita lagi. Dah malem 🙂

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *