Free SSL Certificate
Berkunjung ke Musem Sangiran
Berkunjung ke Museum Trinil | Wisata Sejarah Purba di Kabupaten Ngawi
August 24, 2017
Perlengkapan Anak Balita Untuk Travelling
Perlengkapan Anak Balita Untuk Travelling Supaya Nyaman dalam Perjalanan Wisata
September 2, 2017

Taman Sriwedari Solo | Tempat Hiburan dan Pagelaran Budaya di Kota Surakarta

Taman Sriwedari Solo menjadi pilihan jalan-jalan sore, ketika anakku, Avis merengek ingin keliling bermotor ria. Kebetulan walaupun dekat dari rumah, kadang tempat ini terlewatkan bahkan sejak dulu ketika aku sering ngampus.

Berada sekitar 3 km dari rumah, tempat ini memang cukup menarik untuk dikunjungi dan termasuk komplit sebagai tempat jalan-jalan dan memberikan hiburan pada anak. Berbagai fasilitas tersedia dari mulai untuk anak-anak sampai orang dewasa.

Taman Sriwedari Solo | Sekilas Sejarah

Taman Sriwedari Solo

Era Pakubuwono X banyak disebut yang banyak membangun fasilitas sosial daerah Solo. Salah satu yang pernah aku tulis adalah membangun Mesjid Agung Surakarta yang terkenal itu. Demikian pula Taman Sriwedari disediakan oleh beliau sebagai pusat hiburan rakyat dan pagelaran khususnya pada Malam Selikuran. (Wikipedia).

Lihat : Keunikan Masjid Agung Surakarta

Sebelumnya diceritakan bahwa KRMT Wirjodiningrat adalah pemilik tanah Sriwedari yang beliau peroleh dengan cara membelinya dari seorang Belanda bernama Johannes Buselar pada 1877.  Kemudian dibangun oleh Pakubuwono X yang merupakan adik ipar dari KRMT Wirjodiningrat menjadi taman hiburan.

Tempat hiburan dan pagelaran tersebut masih berlangsung sampai saat ini bahkan Pemda Kota Surakarta membangun sebuah tempat khusus untuk pagelaran Wayang Orang.

Taman Sriwedari juga dikenal dengan Taman Hiburan Remaja (THR) Sriwedari Solo. Jadi dulu jika kita akan berkunjung ke tempat ini sering menyebutnya dengan THR.

Tempat Hiburan Yang Ada di Taman Sriwedari.

Gedung Wayang Orang

Gedung Wayang Orang Surakarta

Gedung Wayang Orang (GWO) cukup populer dan pagelaran sering diselenggarakan di gedung ini. Berdiri kokoh dengan bangunan joglo khas Solo, letaknya berada pada bagian dalam. Jika kita masuk dari Jl. Slamet Riyadi yang merupakan jalan utama di Kota Solo ini, maka letak bangunan GWO ini berada di bagian dalam melewati gedung pagelaran.

Tempat Pagelaran / Pentas Wayang Kulit

Pagelaran

Alhamdulillah, senang lihat mereka berlatih tarian klasik.

Tempat pagelaran atau pendopo yang letaknya persis setelah melewati pintu gerbang Taman Sriwedari, merupakan bangunan yang banyak digunakan. Kerap dihadirkan berbagai acara termasuk wayang kulit dan acara budaya atau klasik lainnya.

Ketika sore hari kami berkunjung, tempat ini sedang digunakan sebagai tempat latihan atau pendidikan menari klasik anak dan remaja.

Tempat Hiburan Anak

THR Sriwedari

Tuh kan kalo sudah sore, sepiii!

Tempat hiburan anak ini memiliki arena permainan modern seperti bombom car, mainan air, kapal, kincir dan lain-lain. Sayang sudah terlalu sore sehingga kesempatan untuk mengajak Avis bermain di arena ini sangat tanggung waktunya. Kelak akan disambung ketika mengunjungi tempat ini kembali.

Panggung THR Sriwedari

Panggung Sriwedari sering dijadikan tempat hiburan band dan dangdut. Panggung permanen ini kerap menyuguhkan hiburan pada malam minggu. Banyak group band dalam dan luar kota kerap tampil di sini. MYY juga waktu masih kuliah pernah deh main di sini. Sayang aku gak nonton wkwkwk. Belom ada fotonya ya, maklum karena gak masuk ke sini. Lain kali deh ya, kalo MYY pas nonton dangdutan wkwkwkwk.

Stadion Sriwedari

Walau sudah ada stadion Manahan yang lebih baru, stadion ini masih sering digunakan untuk sepak bola. Yang aku ingat sih dulu kandangnya Arseto. Sekarang Persis Solo kelihatannya, walaupun sering terdengar lebih sering bermain di Manahan. (Gak tahulah maklum bukan pecinta bola wkwkwk wk). Juga di sini ada monumen PON I. (Foto menyusul ya, maklum terlewatkan he he).

Gitu aja pokoknya, ada stadion buat pecinta bola. Namanya Stadion Sriwedari. Titik.

Tempat Kuliner

Tempat Kuliner di Sriwedari SOlo

Nah ini yang aku suka. Sayang lagi-lagi karena sudah sore banyak yang tutup. Cukup komplit, mau goreng-gorengan, mau bakar-bakaran juga ada. Eh iya, temenku ngeWA tadi katanya dulu sering makan sate ular di sini wkwkwk. Tapi pas aku keliling perasaan nggak lihat. Dulu sih iya pernah denger juga.

Wedangan Hik

Oh ya, yang doyan ngehik kayak MYY juga tersedia persis di depan Gedung Wayang Orang. Besar juga tempatnya.

Dekat juga dari tempat ini ke Tempat Kuliner Solo lainnya. 

Tempat Cinderamata

Tempat Cinderamata Solo

Nah bagi yang sudah kelar jalan-jalan di Sriwedari ini, silakan untuk membawa oleh-oleh khas Solo. Semua tersedia di beberapa gerai yang ada dengan warna-warni yang menarik.

Jangan lupa ditawar he he.

Eh iya lupa, di wilayah ini juga tempo hari jadi tempat start parade Solo Batik Carnival.

Segitu dulu deh ya tentang Taman Sriwedari Solo, yang kurang nanti aku update lagi. Kalau sempat sih wkwkwkwk.




Artikel berhubungan : Destinasi Wisata Kota Solo lainnya.

 

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *