Free SSL Certificate
Batik Cap Khas Solo
Batik Cap Khas Solo | Ciri-ciri | Proses Pembuatan dan Harganya
February 16, 2017
Kuliner Surabaya
7 Tempat Makan di Surabaya Yang Sering Aku Kunjungi
February 21, 2017

Sandiaga Uno, Pecinta Batik Yang Menjadi Calon Wakil Gubernur

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno, sejatinya aku harus menuliskannya 2 tahun yang lalu semenjak tahu kalau dia pecinta batik yang aku baca dari Kreasi Batik Nusantara (KBN), yang diterbitkan oleh Kementrian Prindustrian, edisi tahun 2013.

Eh, sebelumnya aku kasih tahu dulu, ini bukan ikut kampanye, ya. Toh aku bukan pemilih. Walau pernah 10 tahun numpang hidup di DKI, aku gak pernah memiliki KTP Jakarta. AKu hanya numpang kepopuleran beliau saja siapa tahu blog ini jadi populer … syukur-syukur beliaunya memesan batik dariku wkwkwkwkwk. Mimpi dikit lah. Intinya numpang tenar. haha.

Sandiaga Uno dan Kecintaannya pada Batik.

Diceritakan, sejak tahun 2003 Pak Sandi ini menggunakan batik hampir tiap hari. Dalam kegiatan formal maupun informal, baik di dalam maupun di luar negeri, batik menjadi pakaian khas yang selalu dikenakan. Kalaupun beberapa hari terakhir ini sebagaimana kita lihat di televisi pada moment tertentu kita tidak melihatnya menggunakan batik, itu dimungkinkan karena tuntutan kampanye yang menggunakan pakaian lain sebagai customnya. Putih.

Baginya, batik memiliki nilai historis dan menjadi bagian terpenting dari nilai budaya bangsa. Bukan sekedar pakaian, namun merupakan warisan leluhur yang wajib dijaga dan dikembangkan, baik dari sisi desain, corak dan industrinya. Sudah ratusan tahun yang lalu Indonesia mengenal batik. Di berbagai daerah ada ragam motif dan corak batik. Sangat kaya. Jika,  menggunakan batik, ini bagian dari sikap penghormatannya pada leluhur. Demikian yang dipaparkan beliau dalam sebuah wawancara yang aku kutip dari buku KBN.

Jika aku melihat gambar atau foto beliau menggunakan batik, terlihat tidak hanya batik dari kota tertentu yang dikenakannya. Akan tetapi dai berbagai daerah seluruh Indonesia, walaupun aku melihatnya lebih banyak menggunakan Motif Mega Mendung yang menjadi khas Cirebon dan batik khas Solo. Tapi saya yakin, untuk beliaunya ini pastinya menggunakan batik tulis yang ekslusif.




Batik karya Baron Manangsang, salah satu desainer ternama, merupakan salah satu batik yang disukai Sandiaga. “Biasanya Bapak beli bahan batik Baron dan dijahit di Ramayana Tailor di Blok M,” Kata Yono, asisten pribadi Pak Sandiaga sebagaimana aku kutip dari Tempo.Co.

Profil Sandiaga Uno.

Nama lengkapnya Sandiaga Salahuddin Uno, B.A., MBA. Beliau lahir di Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969, anak dari Razif Halik Uno (ayah) Mien R. Uno (ibu), salah satu  pengusaha asal Indonesia, Pendiri PT Saratoga Investama Sedaya.

Informasi yang aku peroleh dari wikipedia, Sandi dinobatkan menjadi 122 orang terkaya di Indonesia versi majalah Asia Globe dengan total aset perusahaan mencapai 80 juta dollar AS, Pada 2007. Sementara, pada 2008 ia dinobatkan menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan total aset 245 juta dollar AS. Pada 2009 Sand masuk sebagai pendatang baru dalam daftar 40 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes. Majalah tersebut menuliskan Sandi memiliki kekayaan US$ 400 juta dan berada di peringkat 29.

Saat ini, Sandi Uno juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan.

  • PT Adaro Indonesia
  • PT Indonesia Bulk Terminal
  • PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia
  • Interra Resources Limited
  • PT. IFORTE SOLUSI INFOTEK

Selain pengusaha, dalam kiprahnya dalam memajukan dunia olah raga tanah air, Pada Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) yang berlangsung di Hotel Seruni, Bogor, Jawa Barat, 5-7 April 2013, ia terpilih sebagai ketua umum PRSI.

Dalam bidang politik, beliau bergabung dengan Partai Gerindra. Kini sebagaimana kita tahu, dicalonkan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Pak Anies Baswedan.

Jadi Wakil Gubernur atau tidak kelak, karena masih harus memperebutkan kursi pada putaran kedua April nanti, semoga Sandiaga Uno akan selalu dan tidak lelah menggunakan dan menduniakan batik.

Jangan lupa juga,  beli produk Batik Ganitri, ya Pak. he he.

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.