Free SSL Certificate
7 Tempat Wisata di Jakarta
7 Tempat Wisata di Jakarta Yang Harus di Kunjungi | Yang Memiliki Sarana Belajar Anak
April 22, 2017
7 Sinetron Jaman Dulu Yang Jadi Favoritku | Jadul di TVRI, RCTI dan SCTV
April 29, 2017

Permainan Masa Kecil Waktu Bulan Puasa atau Ramadhan | Masih Ditemui Hingga Saat Ini

Permainan Masa Kecil Waktu Bulan Puasa

Permainan Masa Kecil Waktu Bulan Puasa atau Ramadhan edisi nostalgia masa kecil yang seru dan bikin senyum-senyum kalo lagi mengingatnya. Ya, karena sudah punya anak jadi sering membandingkan. Sesudah punya blog ingin menuliskannya.

Kali ini aku baru kelar ke sebuah pasar. Sudah mulai ada permainan yang aku kenal sejak dulu. Menjelang Ramadhan mainan ini akan semakin banyak bermunculan. Tiada lain adalah mainan anak yang memanjakan kita menunggu waktu maghrib.

Permainan Masa Kecil Waktu Bulan Puasa atau Ramadhan

Ular Tangga

ular tangga

Di Malaysia juga populer keknya. Upin-ipin aja main ular tangga, wkwkwkwk.

Kelihatannya permainan ini paling populer dan dikenal oleh anak-anak. Kelihatannya di setiap daerah mengenal ini, karena sewaktu aku melakukan ibadah puasa di tempat suami di Ciamis juga permainan ini sering aku temui di rumah-rumah yang memiliki anak kecil.

Biasanya aku lakukan ini pagi setelah bangun tidur. Biasanya kan sehabis tidur dan shalat subuh tidur lagi. Nah, pas bangun kedua ini aku main ular tangga jika sekolah juga libur.

Ludo

ludo

Permainan ini temannya ular tangga, membelinya juga biasanya sepaket. Lumayan lah, dengan kedua permainan itu, kita bisa melihat perubahan jam, tahu-tahu sudah menjelang maghrib saja, jika permainannya dimulai selepas Ashar. Setelah ini biasanya berburu makanan kesukaan untuk berbuka yang disediakan ibu-ibu penjual dadakan yang hanya ada di bulan puasa.

Monopoly

Monopoly

Ini permainan yang waktu itu disebut agak modern. Walau sama memainkan dadu, namun lebih kompleks. Pengumpulan properti sudah dikenal sebenarnya ya pada masa lalu dan diajarin investasi. Namun, boro-boro ini jadi bahan pelajaran. Yang pasti semakin banyak properti yang dimiliki kemenangan semakin nyata. Tapi jangan sampe masuk penjara. Karena kita tidak bisa investasi. Yang paling sering adalah jika kita hinggap di Kesempatan dan Dana Umum, wkwkwkwk.

Nah, yang bikin malas adalah ketika permainan usai. Apalagi kalau bukan untuk membereskan yang sudah terlanjur berserakan. Uang-uangan yang paling nyebelin karena harus dikelompokkan yang sesuai dengan nilainya.

Bekel

bekel

Masih populer sampe sekarang. Seangkatanku nih keknya yang main. SC : Youtube.

Bosan main ular tangga, ludo dan monopoli, permainan khas cewek ini tidak kalah serunya. Kadang diiringi sambil nyanyi-nyanyi kecil dan lumayan ramai jika dilakukan berkelompok dengan teman-teman sekampung.




Peralatannya sederhana, bola dari karet dan biji kerang (sekarang banyak yang dibuat dari plastik). Seru, yah. Kadang sambil gosip. Lantas ditegur sama pemain lainnya. Sssttt, ini bulan puasa loh .. wkwkwkwk.

Dakon atau Congklak

Permainan Masa Kecil Waktu Bulan Puasa

 

Nah, ini juga permainan yang mengasyikan sambil memasukkan biji kerang yang sama bentuknya dengan permainan di bekel tadi ke lubang-lubang yang ada di papan dakon. Sayangnya permainan ini hanya digunakan oleh dua orang. Alhasil, jika sedang banyak teman, maka beberapa papan di pasang deh di beranda.

Keknya, hampir tiap anak perempuan di daerahku punya alat permainan ini.

Gambar di atas Aiko sedang main congklak atau dakon, saat ini sedang suka main dan membuat slime.

Artikel berhubungan : Slime di Solo

Kapal-Kapalan

Kapal-kapalan

Kalo ini permainan cowok. Tapi aku juga sering ikutan dan pernah punya. Sebuah kapal dari bahan seng dibuat kapal, lantas dengan penggeraknya dari lilin. Atau saat itu minyak kelapa yang dipasang sumbu untuk apinya. Siapa yang bertahan lama dialah yang menang.

Suaranya yang khas sering mengundangku untuk segera keluar rumah dan melihat anak-anak cowok sedang memainkan kapal-kapalan ini. Sampai sekarang aku masih sering lihat mainan ini di Pasar Klewer.

Petasan dan Kembang Api

petasan dan kembang api

Petasan biasanya anak cowok yang mainin. Aku sampai saat ini gak berani ha ha. Lagian sudah ada larangan beberapa tahun terakhir. Ketika aku masih SD saja masih banyak yang mainin. Dan seperti halnya ular tangga, kelihatannya petasan ini selalu ada juga di tiap daerah. Seru sih tapi menakutkan dan mengagetkan.

Sementara sekarang ini bisa dilihat

Kalau kembang api barulah aku sering menyalakannya. Biasanya sehabis maghrib atau ketika selesai teraweh, karena kalau siang tidak kelihatan keindahan cahayanya. Itulah sekilas tentang Permainan Masa Kecil Waktu Bulan Puasa yang kini masih bisa kita temui dimana-mana.

Nostalgia lainnya bisa dibaca juga Majalah Anak Tahun 80an

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

2 Comments

  1. Jaman sekarang, aku jarang banget liat anak2 main permainan2 itu.
    Lebih ke gadget atopun warnet terdekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.