Free SSL Certificate
Manekin gantungan baju
Manekin Gantungan Baju atau Mannequin | Arti, Fungsi, Jenis dan Kisaran Harga
March 18, 2017
10 Merk Fashion dengan Followers Instagram Terbanyak
10 Merk Fashion dengan Followers Instagram Terbanyak | Maret 2017
March 20, 2017

Perjalanan Solo ke Surabaya Lewat Tawangmangu | Sarangan Magetan | Jalur Indah Yang Bikin Ketagihan

Perjalanan Solo ke Surabaya Lewat Tawangmangu

Perjalanan Solo ke Surabaya Lewat Tawangmangu kemudian melewati Sarangan, Kota Magetan adalah jalur indah yang harus dicoba dan membuatku ketagihan ingin melaluinya lagi. Perjuangannya memang agak unik, selain harus hati-hati karena jalan kecil dan berkelok-kelok, selain itu harus jika membawa kendaraan sendiri harus menjaga kestabilan mengemudi supaya anak-anak kecil tidak mabok biar perjalanan benar-benar bisa dinikmati.

Butuh waktu lama karena kami memang ingin menikmatinya dan banyak tempat yang bisa dikunjungi di Tawangmangu, Sarangan, Magetan dan lain-lain. Kami bertemu dengan jalur biasa di wilayah Caruban.

Sedikit Berbagi Kisah Perjalanan Solo ke Surabaya Lewat Tawangmangu

Yang jelas seru. Arka, anakku yang pertama paling suka melalukan perjalanan seperti ini. Jelajah wisata sambil menikmati pemandangan yang indah dan tentu saja sedikit berbelanja. Eh, iya sebelumnya ini kisah lama yang aku tulis. Maklum foto-foto dan kenangan ini bisa dikatakan “dibuang sayang lah” ya.

Tawangmangu

Grojogan Sewu

Pagi dari Solo, kami menuju Tawangmangu. Daerah ini sering aku kunjungi sejak masa muda dulu. Tempat dingin di kaki gunung Lawu ini sangat menarik untuk dilewati dan ada beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi, berikut diantaranya yang aku ketahui dan kunjungi :

  • Grojogan Sewu
  • Candi Sukuh
  • Candi Cetho
  • Makam Mantan Presiden Soeharto di Matesih.
  • Wisata bunga dan sayuran.
  • Banyak penginapan dari yang termurah sampai yang termahal. Mirip daerah Puncak Bogor lah ya.

Sekali lagi, kita harus hati-hati karena jalannya kecil.

Perbatasan Jawa Timur

Perjalanan Solo ke Surabaya Lewat Tawangmangu

Mirip di Puncak Pass, di perbatasan ini juga menarik untuk disinggahi. Beberapa area yang menarik dengan pemandangan yang indah adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan, apalagi bagi yang suka memotret.

Ketika memasuki Jawa Timur ini jalan sudah mulai agak melebar walau tetap berkelok-kelok.

Sarangan.

Telaga Sarangan

Tempat yang sudah populer. Telaga Sarangan menyimpan magnet kuat untuk dikunjungi bagi pecinta wisata atau jalan-jalan. Danau di ketinggian ini sangat ramai pengunjungnya dan sangat indah.




Selain melihat keindahan danaunya juga kita bisa wisata kebun, misalnya Strawberry dengan memetik sendiri.

Magetan.

Dulu, kami cukup aneh dengan kota ini karena pertama kalinya melihat kota di kaki gunung wkwkwk. Betul-betul unik. Sayang jika dilewatkan begitu saja dalam perjalanan dari Solo ke Surabaya atau sebaliknya. Selain itu ada tempat belanja khas Magetan, dua diantaranya :

Batik Pring Sedapur

Batik Pring Sedapur Magetan

Batik khas Magetan ini kita dapat memperolehnya langsung sekaligus melihat proses pembuatannya di Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Magetan. Walau batik ini masih terhitung muda namun sangat bagus dan layak dikoleksi oleh pecinta batik. Ini adalah salah satu batik sutra yang menjadi koleksi kemudian aku jadikan kemeja suamiku.

Kerajinan Kulit

sepatu

Magetan juga terkenal dengan kerajinan kulitnya. Banyak sekali komoditas dari bahan ini yang bisa kita jadikan oleh-oleh dari mulai jaket kulit, tas, sandal, sepatu dan aneka hasil kerajinan lainnya. Jadikan salah satunya untuk oleh-oleh biar gak nyesel.

Ingin eksplorasi tentang batik dapat mencari di kategori Batik.

Perjalanan kami terhubungan dengan jalur yang biasa dilewati setelah tembus Caruban. Dari sini kami menuju Surabaya lewat Saradan yang terkenal dengan kerajinan dari kayu jatinya. Kemudian melewati Nganjuk, Kertosono, Jombang, Mojokerto yang terkenal dengan peninggalan Majapahitnya dan tibalah kami di kediaman kami sebelum pindah ke Solo, yakni Surabaya.

Artikel terkait :

Jalur ini sangat menarik, aku menyarankan paling tidak ketika perjanalan dari Solo ke Surabaya anda memiliki waktu yang cukup lenggang, lewati jalur Tawangmangu – Sarangan – Magetan ini, biar gak nyesel belum pernah melewatinya.

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

4 Comments

  1. vita says:

    wah mantep mbak..
    kalau perjalanan dari jakarta ke magetan berapa jam ya?
    saya pengen banget udah lama kesana.

    • Lelly says:

      Hai Mbak Vita, terima kasih kunjungannya.
      Perjalanan dari Jakarta ke Solo kurang lebih 14 jam, ditambah Solo – Magetan sekitar 2 jam. Jadi sekitar 16 jam lah mungkin mbak.

      • vita says:

        sama2 mbak..
        dan makasih jg mbak atas balasannya..
        saya awam banget mbak..
        kalau ke magetan itu ada bis atau kereta ?
        kalau bawa kendaraan sendiri 16 jam nyupir sepertinya jauh dan lama hehehhe…

        karena saya tertarik mau menjelajah magetan, saya liat kotanya sejuk banget mbak.
        maaf mbak udah corat coret terus di sini..
        thanks alot

        • Lelly says:

          Kalau kereta mungkin bisa berhenti di Madiun .. demikian juga Bis. Dari Madiun lebih dekat dan mudah kelihatannya untuk akses ke Magetan.

          Terima kasih juga atas apresiasinya di blog saya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *