Free SSL Certificate
Jenis Pakaian Wanita
Jenis Pakaian Wanita | Model Baju Yang Populer Saat Ini
March 15, 2017
elia massa manik
Elia Massa Manik, Dirut Pertamina Yang Baru ini Kelihatannya Suka dengan Batik
March 17, 2017

Museum H Samanhoedi, Pahlawan Nasional dan Saudagar Batik dari Laweyan

Museum H Samanhoedi menjadi perhatianku karena selain sebagai Pahlawan Nasional yang makamnya sering dilewati juga sebagai salah satu saudagar batik jaman dahulu yang juga berkiprah dalam politik dengan mendirikan Sarekat Dagang Islam. Perkumpulan ini yang sering diperoleh dalam pelajaran sejarah dulu ketika sekolah.

Akhirnya aku, MYY, Aiko dan Avis ketika menikmati suasana sore di daerah Kampung Batik Laweyan, mengunjungi museum ini dengan harapan dapat mengenal lebih jauh KH Samanhoedi yang memiliki peran besar dalam perkembangan batik di tanah air pada masanya.

Lokasi Museum H Samanhoedi

Walaupun dekat dengan kediaman kami, dan masih berada di seputar Laweyan, ternyata aku kesulitan untuk memperoleh secara langsung musem ini. Dari peta sangat terlihat musem ini berada di jalur yang mudah dijangkau, namun ternyata ketiadaan papan nama membuat aku sulit mendapatkannya. Bahkan 2 kali ketika aku bertanya ke warga sekitar, mereka tidak mengetahuinya.

Barulah aku bertanya ke petugas di kelurahan Sondakan, eh ternyata lokasinya memang di sana. Tepatnya menyatu dengan Kelurahan Sondakan, Jln. KH Agus Salim 31 Surakarta. Kamipun memarkirkan kendaraan roda dua kami, kemudian masuk di antar petugas.

Museum H Samanhoedi

Museum ini sangat mungil. Berdiri dan diresmikan oleh Walikota Solo saat itu masih dijabat oleh Ir Joko Widodo (sekarang Presiden RI) pada 18 Mei 2012. Walau sudah lama, namun penataannya masih kurang baik. Kami hanya ditunjukkan satu jalur ruangan yang menyimpan foto-foto beliau dan peninggalan berupa jas. Lainnya adalah beberapa jenis motif batik yang dipajang di dalam etalase kaca.

Adalah Ibu Krisnina Maharani A. Tanjung, sebagai Ketua Yayasan Warna Warni Indonesia adalah penggagas berdirinya Museum H Samanhoedi ini.

Siapa H. Samanhoedi

Ingat pelajaran sejarah dulu sewaktu sekolah, Samanhudi atau sering disebut Kyai Haji Samanhudi adalah pendiri Sarekat Dagang Islam,  dimana belakangan aku baru tahu kalau organisasi tersebut adalah wadah bagi para pengusaha batik di Surakarta. Beliau yang lahir di Laweyan pada tahun 1868 ini adalah salah satu pengusa besar dulu yang cukup berpengaruh. Beliau meninggal di Klaten, Jawa Tengah, 28 Desember 1956.

Sarekat Dagang Islam

Samanhudi mendirikan organisasi tersebut didasarkan pada adanya perbedaan perlakuan oleh penguasa Hindia Belanda antara pedagang pribumi yang mayoritas beragama Islam dengan pedagang Tionghoa pada tahun 1905. Oleh sebab itu Samanhudi merasa pedagang pribumi harus mempunyai organisasi sendiri untuk membela kepentingan mereka. Pada tahun 1905, ia mendirikan Sarekat Dagang Islam untuk mewujudkan cita-citanya.

H Samanhoedi

Artikel terkait :

Menuju ke Makam H. Samanhoedi

Selesai dari Museum H Samanhoedi, kami langsung bergegas untuk menuju ke makam beliau di daerah Banaran, Grogol yang sudah masuk wilayah Sukoharjo, hanya melintasi jembatan/ sungai dari Kampung Batik Laweyan.

Makam H Samanhoedi

Makam ini mudah di jangkau karena ada beberapa petunjuk arah untuk dari berbagai arah khususnya dari Laweyan tadi. Dari jalan, kita masuk melalui gerbang Makam Keluarga Besar Mbah Buyut Wongsowidjoyo.

Makam H. Samanhoedi

Setelah menelusuri beberapa langkah, kita akan menemukan makam H Samanhoedi.




Setelah mendoakan beliau sejenak, kamipun mengakhiri jalan-jalan sore mengunjungi Museum H Samanhoedi dan makam beliau, Pahlawan Nasional dan Saudagar Batik dari Laweyan.

Artikel terkait :

 

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.