Free SSL Certificate
JNE Kota Solo
JNE Solo Yang 24 Jam Sangat Membantu Usaha Kami
January 11, 2017
Membuat Group Reseller di Facebook
Membuat Group Reseller di Facebook
January 15, 2017

Memilih Media Sosial Untuk Menunjang Bisnisku

Memilih Media Sosial

Mempunyai toko online tidak akan lepas dari media sosial, bahkan diwajibkan oleh para penggiat internet marketing untuk menunjang bisnis yang dikelola melalui tips yang mereka suguhkan. Lebih utama adalah untuk pemasaran. Sering didengar istilah facebook, twitter, instagram, path, BBM, dan whatsapp marketing, dan banyak lagi.

Aku digojlok oleh guru internet marketing di daerah Juanda Surabaya. Aku harus berperan di media sosial. Bagi tugas dengan suami yang mengelola web toko online dengan ilmu SEOnya. Dan paling penting, aku harus memilih salah satu dari sekian banyak media jejaring yang banyak peminatnya. Karena jika dikendalikan semua, maka tidak akan kuat dikerjakan sendirian. Fokus satu saja.

Media Sosial Yang Aku Kenal

Facebook

Media pertama kalinya yang aku kenal. Hanya sedikit teman. Kebanyakan teman kantor dan blogger kawan suamiku. Mengasyikan saling bercengkrama dalam media. Sayang aku miskin dalam mengisi walau hanya untuk sekedar basa-basi. Lagian waktu itu, ketika aku masih ngantor, tak ada waktu untuk fesbukan. Dari pagi sampai malam, aku di kantor. Sabtu Minggu full penuh untuk keluarga.

Setelah aku mendengar paparan sang Suhu, aku mulai terbuka. Belajar banyak dengan media ini. Aku buka akun satu lagi dengan nama Lelly Batik Ganitri. Sebagaimana yang disarankan untuk “branding“. Mengenalkan produkku ke teman-teman.

Facebook adalah media yang paling antusias untuk aku pelajari. Aku diingatkan untuk menambah teman yang relevan dengan apa yang aku kelola.




Aku belajar banyak dengan media ini. Jadi rajin fesbukan.

Instagram.

Media ini seingatku, media termuda dibanding yang lainnya. Namun aku mengenalnya sudah cukup lama. Bosku yang pertama kalinya yang menginformasikan, karena kebetulan beliau menyukai bidang fotografi. Namun, walau stok foto milik suamiku melimpah, aku agak sulit untuk mempelajarinya. Melihat peta yang ada serta fitur-fitur yang dimilikinya. Padahal banyak sekali ilmu yang aku peroleh. Antusias di media ini sementara ini masih ada ganjalan. Followerku mentok di 152.

Twitter.

Sebetulnya sangat menarik. Suka senang berburu hastag yang sedang trending topik. View meningkat. Namun follower stagnan. Kelemahan dalam membuat konten dengan 140 huruf sangat sulit buatku walau untuk sekedari a – i – u – e – o.

Google+

Miliknya Google ini jangan ditinggalkan. Nanti kualat ha ha. Aku punya dengan memanfaatkan google bisnis dan mengikuti beberapa group untuk mengenalkan blog dan toko online ku.

Linked.In, Pinterest, Path, 

Dan banyak lagi yang lainnya, jelas lebih tidak mengenal lagi. Aku cupu di dunia maya, andai anakku yang terbesar dan suamiku tidak bahas, mungkin aku akan gelap. Tak paham sama sekali. Bahkan melihatpun mungkin tidak.

Jadi, biarlah yang ketiga media ini aku kesampingkan dulu. Kelak kalau ada ketertarikan mempelajarinya, aku akan mencobanya.

Madia Sosial Yang Aku Pilih

Facebook. Aku fokuskan 2 jam sehari untuk praktek dan mempelajarinya. Menambah teman dan menyusun target. Mengelola group resellerku, Fans Page dan tentu saja kelak akan mencoba di bidang periklanan. Kebetulan sudah dijadwalkan, pertengahan Februari ini akan kembali berburu ilmu di Surabaya.

Alasan Memilih Facebook.

  • Bisa jadi media yang cukup lama aku kenal dan masih “in”.
  • Cukup mudah mendapatkan teman dibanding follower di Instagram atau Twitter.
  • Kebetulan suamiku memiliki The Graph, aku manfaatkan untuk melihat peta.
  • Tips banyak dari Guru Onlineku, lebih mudah memahaminya dibanding media lain.
  • Dua tahun yang lalu kebetulan sudah punya Fans Page Batik Ganitri.

Jadi aku akan fokus di Facebook saja. Lainnya selingan supaya tidak kudet.

Media Komunikasi

Aku memilih BBM dan Whatsapp. BBM terbuka untuk umum, namun Whatsapp sengaja untuk sms terlebih dahulu supaya aku bisa komunikasi dengan pelanggan lewat media ini dengan intensif termasuk tukar menukar foto gambar, dan diskusi yang intensif.

Karena media inilah mau tidak mau aku harus menggunakan Android sejak 2 tahun yang lalu. Sejak Batik Ganitri berdiri. Sebelumnya aku cuek dengan handphone dalam bentuk apapun. Yang penting bisa halo halo dan semes semes, aku pasti gunakan.

Membuat Group di Facebook

Baru rencana, semoga tidak sampai seminggu ke depan akan mulai terbit. Tidak untuk berjualan. Hanya berkoordinasi saja sama reseller. Tak hanya informasi produk, namun akan disampaikan beberapa tips-tips marketing online dari beberapa kawan yang sebelumnya memang sudah mahir. Beberapa ebook yang sekiranya bermanfaat akan dibagikan gratis untuk menunjang penjualan mereka.

Apa yang aku peroleh, kelak juga apa yang akan aku bagikan. Di group itu, ibarat buka dapur. Strategi kami akan diulas bersama tim yang serius. Kini –12/1/2017– baru menggodok sistemnya. Kami ingin maju bersama Timku.

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *