Free SSL Certificate
Reseller dropship batik solo
Reseller Dropship Batik Solo Yang Menguntungkan
January 7, 2017
JNE Kota Solo
JNE Solo Yang 24 Jam Sangat Membantu Usaha Kami
January 11, 2017

Marketplace di Indonesia Yang Menarik Perhatian Saya

Zetira.Id

Bagiku marketplace artinya sebuah situs web untuk jual dan beli barang. Ada beberapa we di Indonesia dikenalkan suami saya ketika akan kembali menjalankan Batik Ganitri. Katanya, saat ini sedang berkembang dan menjadi perhatian pengguna online.

Aku berpikir bagaimana bisa terjadi sebuah jual beli secara otomatis karena saat itu tahunya seperti web periklanan. Hanya memajang barang dagangan yang dimiliki kemudian komunikasi lewat media yang lain.

Tapi ini tidak. Aku cukup terpukau ketika MYY memberikan simulasi jual beli di Tokopedia saat itu. Aku sebagai pembeli, MYY yang pemilik produk.

Kemudian aku transaksi dan beberapa hari kemudian barang dikirim (seakan dikirim) aku konfirmasi terima, dan MYY menerima dana di rekening yang didaftarkannya. Sangat menarik.

Akhirnya Batik Ganitri mendaftarkan untuk menjadi bagian dari mereka.

Marketplace atau Situs Jual Beli di Indonesia

Ada 3 yang menarik perhatian saya dua diantaranya sudah mulai 2 bulan yang lalu, dan 1 belum dilakukan secara continue. Masih dalam tahap percobaan.

Zetira.Id

Kendatipun masih baru di dunia online Indonesia, Zetira dikelola oleh orang yang berpengalaman. Di bawah PT. Yoshugi Putra Mandiri yang berpengalaman dalam bidang online salah satunya adalah IndoCPA yang merupakan perusahaan CPA Leads pertama di Indonesia ini siap berkembang dengan produk berkualitas. Khususnya menitikberatkan pada produk kerajinan tangan asli Indonesia.

Zetira.Id

Batik Ganitri juga hadir di Zetira.Id

Batik Ganitri hadir dengan pakaian yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Tokopedia

Tampilannya mewah dan berkesan lucu karena lambangnya burung unik mirip wajah angry bird tapi ini tersenyum ha ha. Ini adalah marketplace yang pertama kalinya aku masukin beberapa produk batikku.

Batik Ganitri di Tokopedia

Bagian depan Tokopedia sangat rapi dan sangat professional. Orang tidak akan ragu untuk segera menyusuri halaman yang memberikan informasi. Saya sering bertanya tentang ini itu tentang “lapangan web”, karena banyak yang belum dipahami saat itu. Bahkan kerap membandingkan dengan situs lain.




Fiturnya sangat banyak, ini beberapa di antaranya yang aku rasakan :

Bagi Penjual :

  • Menampilkan segala produk yang dimiliki sesuai dengan kategorinya. Foto yang ditampilkan diberikan fasilitas 5 buah gambar. Salah satunya gambar utama untuk dijadikan tampilan di bagian depan.
  • Transaksi hanya dilakukan di Tokopedia. Terdapat fasilitas escrow account. Pilihan jalan tengah yang aman. Harus ada konfirmasi penerimaan barang, baru penjual pendaptkan dana pembayarannya.
  • Terdapat fitur dropship bagi mereka yang melakukan transaksi untuk dijual kembali. Fitur dropship ini memberikan peringatan kepada pemilik produk supaya mengirim atas nama pembeli ke pembeli berikutnya.
  • Bisa jualan versi gratis, walau ada juga akun premium yang ditawarkan.
  • Terdapat hirarki atau penilaian kepercayaan dari tokopedia yang ditujukan bagi penjual dengan memberikan tanda.
  • Menentukan pilihan jasa kurir dengan bebas.

Bagi Pembeli

  • Tampilan yang bersih dengan background putih akan dirasa lebih nyaman untuk melihat produk jualan yang ada.
  • Dapat melihat reputasi penjual yang dagangannya akan kita beli dengan melihat reputasi berupa tanda, banyaknya transaksi, kecepatan dan lain-lain.
  • Fasilitas escrow account yang disebutkan di atas, menguntungkan pembeli karena dapat memberikan konfirmasi jika barang sudah diterima dan kesesuaian produk.
  • Dapat menjual kembali dengan memanfaatkan fasilitas dropship.

Bukalapak

Sebetulnya sudah lama aku mengenal web yang memiliki nuansa merah yang kental ini. Tapi baru ngeh ketika MYY mengenalkan cara jualan di sini. Karena secara fasilitas memiliki kesamaan dengan Tokopedia. Perbedaannya terletak pada fitur dropship yang tidak dimiliki.

Batik Ganitri di Bukalapak

Selain itu saya sangat menyukai istilah yang unik seperti buka dompet untuk melihat simpanan, my lapak dan banyak lagi yang lainnya.

Secara operasi banyak sekali kemiripan dengan Toped. Hanya symbol dan istilah yang berbeda. Perbedaan kecil seperti reputasi yang ditunjukkan dengan banyak feedback poitif.

Yang lebih menarik adalah disediakan fitur Negosiasi seperti ramai dibicakan ketika Hari Belanja Online Nasional lalu.

Memilih kurir juga bebas ditentukan baik oleh pembeli maupun penjual karena pilihannya sangat lengkap.

Kaskus

Berkenalan dengan situs ini sudah cukup lama sekali. Namun aku mulai banyak membuka lagi ketika rajin diskusi sama suamiku tentang sidang Jessica beberapa bulan yang lalu.

Batik Ganitri di Kaskus

Ini menariknya :

  • Bagi perniagaan, terdapat forum Jual Beli yang menarik untuk diikuti.
  • Jujur saja karena komunitasnya yang sangat banyak. Hampir mendekati 10 jutaan. Ini ini adalah tempat menarik.
  • Penjual dan pembeli di sebuah forum menjadi tantangan tersendiri.

Sebentar lagi aku akan hadir dan menjadi Kaskuser he he. (Semoga).

Saat ini saya sedang fokus jualan di Web dan group yang aku kelola, selain tokopedia dan Bukalapak.

Berikut adalah kontribusi marketplace terhadap penjualan kami pada bulan Desember kemarin :

Kontribusi Marketplace

Masih unyu-unyu ya, semoga akan terus berkembang, paling tidak untuk 2 bulan ke depan sesuai dengan taget kami di tahun 2017.

Mohon do’anya
Aamiin.

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.