Free SSL Certificate
Stasiun KA Purwosari
Cara Mengisi Liburan Yang Menyenangkan | Murah, Meriah dan Seru
May 16, 2017
Kantor Pos Solo
Kantor Pos Solo – Gladak | Layanan dan Jam Buka
May 27, 2017

Makanan Ringan Unik Khas Ciamis Yang Ngangenin | Sunda | Jawa Barat

Makanan Ringan Unik Khas Ciamis

Makanan Ringan Unik Khas Ciamis Yang Ngangenin, mungkin akibat terlalu lama aku gak daerah ini, hampir 3 tahunan lebih, jadi teringat cemilan asyik ini. Ketika aku masih di Jakarta, menjelang Puasa dan Lebaran, selalu hadir di Ciamis, tempat asal suamiku. Sasarannya adalah makanan khas yang sering disediakan almarhum ibu mertua.

Kini teringat kembali. Ingin menyicipinya lagi, dan jenis makanan ringan di bawah ini semuanya aku suka.

Ini di antaranya :

Makanan Ringan Unik Khas Ciamis Yang Ngangenin

Gulampo

Gulampo

Sumber : Instagram @yenrafatriya

Makanan ini seperti namanya, ada baluran gula di dalam tape atau peuyeum (aku masih belum bisa baca susunan huruf ini dengan sempurna). Manisnya terasa bener-bener manis. Legit, legi banget. Tentu saja lengket di tangan. Aku kenal makanan ini persis ketika keluargaku berkunjung pertama kalinya ke Ciamis. Enak banget.

Combro

Combro

Combro : Sumber : http://www.resepumami.com

Makanan ini cukup terkenal kan, ya. Singkatan dari Oncom di Jero. Jadi oncom yang dibalut dengan adonan kayak terigu gitu. Nah rasanya bisa ada pedasnya, tergantung si pembuat. Ini makanan yang enak banget. Aku mengenalnya sejak dulu kala sebelum bersuamikan orang Ciamis he he.

Misro

Misro

Misro – Sumber : MakanNikmat.Com

Nah, kalo ini lawannya Combro. SIngkatan dari Amis di Jero. Amis bukan berarti anyir loh. Tapi manis. Kalau combro cenderung rasa oncom yang dibuat pedas, kalau ini manis rasanya.

Keripik Combro

Keripik Combro

Keripik Combro – Sumber : MasakanDapurku.Com

Kalau makanan ini adalah cemilan yang susah memberhentikannya. Gak akan sadar kalau sudah menghabiskan setengah kantong plastik. Bahannya mirip membuat combro cuman dibikin pipih kayak keripik. Kalau di Ciamis gak disebut keripik combro. Tapi combro aja. Tapi jangan heran loh, gak bakal nemu oncom di dalamnya.

Cireng

Cireng

Sumber dan cara membuatnya di https://www.youtube.com/watch?v=z_LvmJxAiSc&t=22s

Inget cireng itu, suka inget adiknya MYY. Suka banget sama makanan satu ini. Aku jadi kebawa suka. Singkatan dari Aci Digoreng. Ya, terbuat dari tapioka yang digoreng, dikasih bumbu sekedarnya dari garam dan entah apalagi wkwkwk. Kadang menemukan juga dengan taburan bawang daun supaya tidak terlalu polos dan menambah rasa gurihnya.




Bentuknya macam-macam. Ada yang dibuat bulat kayak bola, ada juga pipih, bahkan ada yang dibuat setipis keripik.

Galendo

Galendo

Sumber : http://magazineguz.blogspot.co.id

Ini juga makanan populer khas ciamis. Jika kita membuat minyak kelapa pasti akan menemukan ini dari hasil endapannya. Enak banget apalagi yang masih fresh.

Sagon

Sagon Ciamis

Nanti pesen ah ke Marga Saluyu. Sumber : http://marga-saluyu.blogspot.co.id

Makanan ini populer menjelang Lebaran tiba. Terbuat dari kelapa dengan dicampur gula. Jika teman-teman ingat pagoda  tempo doeloe, nah kaleng bekasnya dikumpulkan, dibersihkan dan dijadikan cetakan pembuat ini. Belakangan tentu saja alat pencetaknya semakin modern. Orang Ciamis sering menyebutnya amplas sesuai dengan sifatnya makanan ini yang kasar kayak amplas. Tapi enak loh. Kata MYY, jaman dulu keknya merayakan lebaran ada yang kurang kalau tanpa makanan ini.

Rengginang

Ranginang

Rengginang – Sumber : http://www.bukuresep.net

Inget rengginang jadi inget Khong Guan, wkwkwk. Ya karena kadang kaleng bekas kue itu suka dijadikan barang untuk mengemas makanan yang terbuat dari beras ketan yang digoreng ini. Di Ciamis namanya ranginang. Sampai saat ini juga mudah mendapatkannya karena masih populer dan hampir tiap daerah ada yang membuatnya. Namun jika ke Ciamis, pasti aku akan mencari makanan ringan ini selain keripik combro yang aku sebutkan di atas.

Cilok

Makanan Ringan Unik Khas Ciamis

Cilok –. Sumber : Indirania.Com

Temennya cireng ini. Agak kaget juga beberapa waktu yang lalu aku menemukan banyak yang jualan juga di Solo. Kata MYY sih asalnya dari Ciamis. Aci dicolok, karena bulatan aci yang dikukus ditusuk menggunakan lidi. Anak-anak banyak yang suka dan katanya sih dulu banyak jualannya di sekolah sekolah terutama sekolah dasar. Bentuknya mirip bakso, tapi beda loh rasanya.

Bisa dibaca tentang : Bakso Yang Enak

Itulah sekilas Makanan Ringan Unik Khas Ciamis Yang Ngangenin yang diburu kalau aku berkunjung ke sana. Semuanya enak-enak. Semoga lebaran tahun ini aku bisa berkunjung ke Kota Manis itu karena dah lama gak ke sana. Kangen.

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

8 Comments

  1. Doel says:

    Saya suka Galendo tuh, rasanya gurih kayak santan tapi sedikit manis dan nggak ninggalin lemak di tenggorokan. Yang belum saya coba di daftar diatas berarti cuma Gulampo.
    Tukeran aja teh sama buah mangga hehe

  2. LJ says:

    misro juga ada di yogya, namanya cemplon..
    cilok juga banyak yang jual di sini, terutama di depan sekolahan.
    galendo dan gulampo belum pernah nyobain, kayaknya cuman ada di ciamis doang. 😀

  3. tresna says:

    Pengen Nyoba, tapi di kalimantan susah nyarinya teh

  4. Sunda memang surganya makanan, beberapa cemilan tradisional sangat mudah untuk di jumpai.

  5. Ivan Sonavia says:

    Galempo dan gulando?

    Wah saya belum pernah makan. Sepertinya enak.
    Kalau rengginang dan cilok sudah sering. Hehe..

    Blognya bagus teh. Salam kenal ya.

  6. vita says:

    jawabarat banyak mbak makanannya dan cenderung pedas..,
    beda sama jawa tengah yg cenderung manis.

    smoga suka mbak..

    dari
    warga jabar yg asli jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.