Free SSL Certificate

Majalah Anak Era Tahun 1980 an, edisi nostalgia di blogku pada masa anak-anak karena masa kecilku di sekitar tahun itu. Aku tulis karena kebetulan lihat Aiko dan Avis yang saat ini gemar mewarnai, kok aku malah  jadi ingat majalah. Ndilalah, pas searching, kemaren adalah 44 tahun Majalah Bobo.

Sebetulnya aku sendiri hanya berlangganan atau dibelikan oleh ortu hanya 1 majalah, namun aku mengenal beberapa majalah anak di era itu seperti di bawah ini.

Majalah Anak Era Tahun 1980 an

Majalah Bobo

Majalah Bobo

Ya, ini adalah majalah yang populer dan aku kerap dibelikan hampir tiap edisi. Sayangnya koleksi majalah ini sudah tidak dimiliki lagi. Lupa bagaimana jejak majalah ini hilang semua dari rumahku.

Dari wikipedia, Majalah Bobo terbit sejak 14 April 1973. Bacaan favoritku adalah Bona, Gajah Kecil Berbelalai Panjang, Oki dan Nirmala. Lainnya adalah Sayembara Bobo dan tentu saja aku juga lupa lagi.

Eh iya, tokoh yang menarik dan masih aku ingat adalah Paman Gembul dan Bibi Titi Teliti.




Selain itu ada Deni Manusia Ikan yang bikin gemes. Cerita tentang Deni yang tak ada ujung mencari orang tuanya. Satu-satunya manusia yang bisa bernafas di air. Ha ha. Lucu deh.

Senyum-senyum deh mengingat bagaimana aku rebutan dengan adik-adikku untuk membaca pertama kalinya setelah majalah ini tiba.

Majalah Si Kuncung

Majalah Si Kuncung

Jujur saja kalau majalah ini jarang aku baca dan hanya ada di sekolah. Entah bagaimana sekolah bisa mendapatkan ini dan sering dijadikan bahan cerita atau pelajaran. Pastinya saat itu, Ibu Guruku sering menyebut nama majalah ini.

Majalah Tomtom

Majalah Tomtom

Nah, kalau ini menjadi langganan suamiku waktu kecil. Ketika aku tanya, isinya ya lupa lagi selain Tomtom. Yang dia ingat katanya adalah ketika Tomtom hiking ke gunung terkena lintah, lantas ditolong oleh temannya dengan menggunakan tem***au (maaf gak boleh pake kata itu di sini ha ha).

Artikel berhubungan : Mainan Anak.

Majalah Ananda

Majalah Ananda

Majalah yang satu ini juga menjadi pendamping Bobo. Jadi bisa gantian membaca sama adik-adikku dan temen. Covernya yang aku ingat biasanya ada artis cilik dan pendampingnya kayak figuran lah ya. Yang biasa menghibur anak-anak saat itu.  Isinya juga aku sudah banyak yang lupa.

Cuman sekilas nostalgia di sela-sela menjahit batik pesanan ha ha. Pengunjung blog ini kalau ada yang mau nambahin cerita Majalah Anak Era Tahun 80an silakan ya di komentar, lumayan buat nambah senyum hari ini. 🙂

Seri nostalgia lainnya bisa dilihat : Manasuka Siaran Niaga

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.