Free SSL Certificate

Kain Shibori, merupakan pembentukan motif pada kain dengan cara perintang warna mirip batik tapi tidak menggunakan malam, akan tetapi melalui proses dililit, diikat, digulung dan lainnya yang dapat memberikan ornamen tertentu yang unik. Sedangkan dalam hal memberikan warna memiliki kesamaan yakni dengan cara pencelupan.

Perbedaan lainnya dengan batik adalah tidak ada proses melorot karena tidak menggunakan lilin tadi, akan tetapi terdapat proses pelepasan lilitan yang bisanya menggunakan tali atau kawat.

Kain Shibori ini sering pula disebut Batik Jepang.

Ya, dari namanya saja sudah terlihat darimana berasal. Shibori adalah metode membentuk dan mengikat kain sedemikian rupa kemudian menimbulkan warna dan motif setelah proses pencelupan dimana yang terikat akan memunculkan area motif pada daerah-tertentu dari kain. Ini disebut terikat-resist dyeing.

Kain Shibori

Beberapa teknik membuat Shibori antara lain :

Folding atau melipat persegi di setengah, kemudian lipat dua sudut ke pusat untuk membentuk segitiga. Lipat segitiga berakhir untuk bertemu di tengah untuk membuat persegi. Pegang lipatan di tempat dengan mengikat dengan menggunakan tali, menggunakan klip musim semi atau pin pakaian, atau mengamankannya dengan karet gelang, dan lainnya sesuai dengan kreasi yang diinginkan.

Scrunching, atau mengerutkan  kain menjadi bola atau bulatan secara ketat.




Tying atau mengerucutkan kain. Melakukannya pada pada seluruh kain atau di daerah acak. Segala pembentuk dapat digunakan untuk membentuk kerucut yang indah. Kreatifitas kita menjadi teruji dalam teknik ini.

Stitching atau membuat pola ornamen dengan jahitan dalam bentuk garis, lingkaran atau bentuk lainnya. Tarikan yang erat untuk mengumpulkan atau menumpuk sebagai upaya dalam membentuk ornamen yang diinginkan. Besarnya tergantung pada ukuran benang dan sejauh mana  erat tidaknya kita dapat mengumpulkan lipatan atau kerutan kain, Kita akan memperoleh berbagai lebar dari garis setelah kain dicelup dan jahitan telah dihilangkan.

The Sixties Thing, yakni menggulung  kain ke dalam tabung dan memutar. Mengikat atau menggunakan karet gelang di sepanjang tabung. Memvariasikan lebar kain antara ikatan akan memberikan efek Starburst yang berbeda.

Harga Shibori di Batik Ganitri

Batik Ganitri menyediakan kain Shibori baik dalam bentuk kain maupun sudah menjadi pakaian jadi. Salah satu customer kami dari Tangerang baru saja memesan model baju seragam batik dengan menggunakan jenis kain ini yang kami buat terlebih dahulu sesuai dengan ornamen dan warna yang diinginkan. Kemudian kami segera jadikan pakaian sebagaimana bentuknya sudah didiskusikan terlebih dahulu melalui media whatsapp.

Harganya cukup bervariasi. Untuk kain, kami mematok harga mulai Rp 95.000,- dalam ukuran 2 meteran. Harga berikutnya tergantung tingkat kesulitan dan bahan yang digunakan. Sedangkan yang sudah menjadi pakaian baik pria maupun wanita, kami memiliki standard harga mulai Rp 145.000,- . Lagi-lagi besarnya harga tersebut  tergantung dari bahan dan tingkat kesulitan dalam proses membentuk menjadi pakaian yang siap digunakan.

Lama pengerjaan paling cepat selama 2 minggu, inipun tergantung dari tingkat kesulitan dalam membentuk ornamen atau motif serta bentuk pakaian yang akan dibuat.

Hubungi kami melalui sms terlebih dahulu di 081319652998 untuk keterangan lebih lanjut.

Inilah sekilas tentang Kain Sibori yang sering disebut dengan Batik Jepang yang unik, menarik, alami dan dapat diperoleh dengan harga yang lebih murah.

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *