Free SSL Certificate
Nama-nama Motif Batik Klasik
Nama-Nama Motif Batik Klasik | Makna Filosofis dan Penggunaannya | Sebuah Pengantar
March 10, 2017
Seragam JKT 48
Seragam JKT 48 Yang Unik dan Centil | Sumber Inspirasi
March 13, 2017

Kain Batik Khas Pekalongan | Keunikan dan Kenapa Banyak Yang Menyukainya

Kain Batik Khas Pekalongan

Kain Batik Khas Pekalongan sangat di sukai setidaknya oleh beberapa customer kami katika masih di Surabaya, karena unik, dan masih banyak yang menanyakan ketika kami pindah base ke kota Solo.

Pekalongan sebagai salah satu Kota Batik, saat ini sangat semarak. Sangat jauh berbeda kondisinya ketika aku berkunjung pada tahun 2000. Sekarang ramai dan riuh. Banyak hotel yang baru ku kenal dimana pada tahun terakhir kami berkunjung hanya beberapa yang populer.

Jadi sebelum cerita banyak tentang motif batik klasik, aku sela dulu dengan “lawannya” yaitu batik Pekalongan yang juga sering disebut batik modern ini.

Artikel terkait : Nama-Nama Motif Batik Klasik

Kain Batik Khas Pekalongan

Kain Batik Khas Pekalongan

Sumber gambar : Film Dokumenter.

Aku mengenal motif batik khas Pekalongan bernama motif Jlamprang ketika berkunjung ke museum batik. yang beralamat di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan, Jawa Tengah. Lantas aku mencoba menghubungi supplierku untuk mendapatkan kain tersebut. Alhamdulillah dapet. Ketika tiba di Surabaya, belum sempat aku abadikan, adikku dari Bandung segera memboyongnya karena suka.




Tidak salah jika bu Monda sangat jatuh cinta dengan si Jlamprang ini.

Kini aku belum mendapatkannya lagi. 🙁

Batik Pekalongan termasuk batik pesisir yang cenderung memiliki ornamen yang natural. Flora dan Fauna serta gambaran kehidupan menjadi bidikan kreasi batik yang unik dan indah, walaupun sering juga kita temukan motif abastrak yang manis. Warna warna yang lebih variatif menambah keindahan terlebih dibubuhkan dalam kain halus seperti primissima, misalnya.  Hal itulah orang sering menyebut dengan batik modern. Proses akulturasi masyarakat Arab, Jawa, Belanda  dan Tionghoa telah membentuk paduan motif batik yang kaya dan memikat.

 

Batik Pribumi

batik pribumi

Merupakan batik tertua di Pekalongan, muncul sebelum adanya pengaruh dari budaya Tiongkok dan Eropa. Motif yang bebas dari ekspresi para pengrajin yang tidak terikat dengan ketentuan atau pakem batik Keraton. Warna yang cerah dan berani menjadi daya tarik untuk cepat laku di pasaran.

Batik Encim

Batik ini banyak diproduksi oleh masyarakat keturunan Tionghoa sehingga pengaruh budayanya cukup terasa. Ragam hias buketan dan lukisan banyak mendominasi batik encim dan terlihat mengagumkan.

Batik Belanda

Batik Khas Pekalongan

Dibuat oleh masyarakat keturunan Belanda yang sarat dengan pengaruh gaya Eropa yang ditampilkan dalam kain batik. Sama-sama mengagumkan. Kebanyakan dalam bentuk kain sarung. Ragam hias buketan juga cukup banyak ditemukan. Flora dan Fauna menjadi inspirasi dalam membentuk motif natural ke dalam sebuah kain batik.

Batik Tulis Pekalongan

Selain itu, cerita-cerita legenda juga sering diadopsi yang memberikan kekayaan motif dan aneka jenis kain batik di Pekalongan menjadi melimpah.

Artikel yang berhubungan :

  1. Tentang Ciri Khas Batik Tulis Asli
  2. Tentang Batik Cap
  3. Tentang Batik Printing
  4. Tentang Batik Shibori

Sedikit tentang Kain Batik Khas Pekalongan, kelak jika aku mendapat informasi yang menarik lagi, akan update artikel ini.

Batik Ganitri juga menyediakan aneka Kain Batik Khas Pekalongan, Solo dan Kain Shibori.

Hubungi 081319652998 untuk informasi lebih lanjut. WA by request, ya !

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.