Free SSL Certificate

Forum jual beli disingkat FJB yang ramai sebagai salah satu marketplace memiliki peranan penting dalam memberikan layanan pemasaran dan penjualan produk para membernya. Banyak kisah sukses yang dapat dibaca dan menjadi daya tarik untuk diteliti supaya berhasil dalam memanfaatkannya.

Sebagai orang yang kini sedang bersemangat untuk mengembangkan usaha, tempat ini menjadi bahan pelajaran yang menarik buatku. Karena aku masih awam. Beberapa barangku dulu dalam bentuk second memang pernah dipasarkan di kaskus dan dalam sehari bisa laku terjual. Namun, ketika aku mulai jualan batik, lebih mementingkan kebaikan Google sebagai pemasar dunia yang baik hati dalam mengirimkan visitor ke web toko onlineku.

Kata suamiku ada perubahan yang cukup mendasar. Yakni, kesulitan untuk menembus halaman pertama untuk menjual produk. Batik salah satu produk dimana pesaingnya sangat banyak. Jika dulu batik rangrang dengan dua kata saja bisa muncul di halaman pertama, kini entah di halaman ke berapa. Solusinya adalah “nunut jualan”. Salah satunya di forum jual beli.

Ini Forum Jual Beli Terbesar Menurutku

Kaskus

Tetap kaskus menempati urutan pertama. Forum terbesar di Indonesia. Memiliki daya tarik yang luar biasa bagi membernya untuk memanfaatkan menjual barangnya. Apapun.  Bisa dilihat dari kategori utama yang memiliki varian produk yang banyak. Kategori tersebut masih diikuti dengan sub kategori dengan pemasar yang melimpah.

Kelebihan jualan di Kaskus adalah jutaan member aktif yang setiap saat bisa melihat produk yang kita pajang dalam sebuah thread. Mereka akan mudah menemukan karena kategori tadi. Segmennya pun luas. Dari yang termurah sampai yang termahal bisa ditemukan. Siapa dinyana ada yang menjual Lamborgini, atau rumah yang bernilai milyaran.

Beberapa perusahaan besar banyak yang memiliki perwakilan dengan membuka thread forum khusus di kaskus. Baik dalam FJB atau forum diskusi. Mereka berlomba berdagang dan meningkatkan citra produknya dengan terlibat dalam sebuah diskusi yang alot.

Kekurangannya, kita harus aktif jika tidak mau tenggelam. Paling tidak sesuai dengan jatah SUNDUL yang diberikan untuk menaikkan thread jual beli kita supaya bisa menempati yang paling atas.

Facebook

Siapa yang tidak kenal facebook. Hampir seluruh temanku yang aku kenal memiliki akun facebook. Ada jutaan orang pengguna dan kini dengan mudahnya melihat aktifitas dan sahut sahutan dari smartphone.

Facebook memiliki feature forum diskusi yang dimanfaatkan sebagai forum jual beli dalam sebuah Group. Hampir tiap daerah memilikinya. Misalnya Group Jual Beli Kediri saat ini memiliki anggota sampai ratusan ribu. Menarik untuk diikuti dan dijadikan tempat memasarkan produk milik kita.

Selain tidap daerah, juga dibentuk berdasarkan produk. Seperti jual beli kamera dan lensa, kendaran baik motor maupun mobil, jasa dan banyak lagi. Jika dilihat paling tidak memiliki member yang sangat banyak.

Inipun demikian, kita harus aktif, supaya dapat dilihat banyak orang. Produk yang bagus biasanya akan mendapatkan sambutan baik like atau komentar yang akan menempatkan status jual beli kita selalu berada di tempat paling atas.




Aku belum pernah menjual di kedua forum tersebut. Masih dipelajari terutama dalam hal pengaturan waktu dan strateginya. Saat ini masih tetap jualan di Web Sendiri, Tokopedia, Bukalapak, Fanspage dan memberikan informasi hadirnya produkku di Akun Facebookku sendiri.

Pada dasarnya, dimana banyak orang berkerumun, adalah arena yang tepat untuk memasarkan produk kita.

Tweet: Pada dasarnya, dimana banyak orang berkerumun, adalah arena yang tepat untuk memasarkan produk kita.

Jika masih ada tempat lain, monggo diinfokan!

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *