Free SSL Certificate

Maaf nih, dikasih judul Etika Komunikasi di Media Sosial karena dikasih petunjuk sama google sendiri, judul seharusnya, aturan bermedsos ala suamiku wkwkwk wk.

Iya, karena habis diskusi banyak setelah membaca ebook tentang media sosial. Aku harus bisa memadukan antara bergaul dan jualan. Karena aku jualan batik.

Selain itu aku masih cupu di medsos. Gak pernah aktif. Sekarang harus aktif.

Teringat pada seorang tukang es, sebut sama namanya Mas Ice. Kalau aku bertanya, dia suka nanya balik. Misalnya, aku bertanya, “Apa kabar Mas Ice”. Dia jawab, “Alhamdulullah baik, Ibu juga baik-baik saja kan ?”.  Dan sayapun kembali menjawabnya. Indah sekali, kan komunikasi seperti ini. Saling bertanya dan menjawab.




Oke, ini catatan tentang

Etika Komunikasi Media Sosial Hasil Diskusi dengan Eks Pacarku.

Aku batasi twitter dan facebook aja yaa. Karena 2 media sosial ini yang aku pilih dan jadi bahan obrolan . Lainnya gak ada sama sekali jadi diskusi, bahkan sebut saja belum paham lah, biar cepet ha ha.

Sekali lagi ini aturan untukku ya dari hasil diskusi.

Facebook.

  • Menulis di status harus jelas, tidak mengambang, tidak jadi pertanyaan, tidak nyebelin, informatif dan sopan. Lagi-lagi aku susah menggunakan saya, jadi biarlah begituh. Soalnya pake aku lebih nyaman di lidah, terasa gak kaku. Maaf jika ada yang gak berkenan.
  • Upload gambar sendiri dan harus yang baik, paling tidak tajam gak burem. Selain hasil motretku, koleksi MYY boleh aku gunakan tanpa ijin terlebih dahulu.
  • Tidak akan share berita yang tidak jelas, yang memuat politik, dan yang berbau kontroversial, apalagi hoax.
  • Tidak nyindir, nyinyir apalagi menyerang kecuali terpaksa untuk meluruskan. Beberapa waktu yang lalu aku meluruskan tuh yang .. ah wis lah .. wis dihapus juga sama yang posting. Aku orang jualan di internet, harus bisa menempatkan diri.
  • Pelan-pelan media jualan pindahkan ke fanspage, biar teman lain nyaman. Karena akun kita dikasih gratis sebenarnya bukan tempat jualan.
  • Selalu jawab jika ada yang bertanya.
  • Jika status kita bertanya dan ada yang jawab, harus selalu reply paling tidak berterima kasih jika berupa bantuan, dan opini jika jawaban masih perlu tambahan pendapat atau pertanyaan lanjutan.
  • Jika ada status orang lain yang disukai, jangan pelit memberi like bahkan berkomentar.
  • Upload video jangan dari youtube. Alasane masih bingung aku neranginnya. Teknis banget.
  • Jangan kebanyakan mention ke orang lain karena belum tentu mereka nyaman dimention.

Twitter

  • Nulis twit yang perlu saja. Dapet ilmu berburu hastag tapi yang sekiranya tidak menjadi masalah.
  • Share atau retweet jika ada yang menarik dan bermanfaat.
  • Retweet jika ada yang mention.
  • Replay jika ada yang bertanya.
    Retweet jawaban jika kita bertanya.

(Twitter lebih sedikit, karena jarang hadir di sono, jadi pasteslah followernya dikit ha ha).

Itu dulu deh yaa! Jika ada yang keliru, mohon diluruskan, yaa!

 

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

2 Comments

  1. Ada etikanya juga ya berkomunikasi di medsos. Yang penting nggak boleh nyinyir ya.
    Aku malah suka bingung bikin status, jadinya malah hampir nggak pernah bikin status kecuali share link postingan blog hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *