Free SSL Certificate

Ciri Khas Batik Tulis Asli baik dari Solo, Madura, Pekalongan, Cirebon dan daerah lainnya, secara umum memiliki kesamaan baik dari proses membuatnya maupun bahan yang digunakan, walaupun ada perbedaan sangat sedikit sekali.

Sangat penting untuk diketahui bagi yang ingin memiliki batik tulis. Dari beberapa pendapat pecinta batik, belum lengkap rasanya jika belum memiliki batik jenis ini. Dan dari sisi harga, akan terasa lebih mahal dibanding batik jenis lainnya, di luar ukuran nilai sejarah dan kecintaan pada batik dalam bentuk apapun.

 Ciri Khas Batik Tulis Asli

Batik, merupakan seni menggambar dalam dengan media kain dengan menggunakan perintang warna dengan perantaraan lilin atau malam. Pewarnaan melalui proses pencelupan sehingga membentuk motif yang timbul dari hasil perintangan tadi. Jika proses perintangan tersebut dengan menggunakan tangan melalui media canting sebagai alat menggambar itulah yang disebut dengan batik tulis.




Inilah yang disebut batik tulis asli. Di luar itu tentu saja bukan batik tulis, walaupun untuk memblok bagian perintangan yang lebih lebar kadang menggunakan media lain seperti kwas, misalnya.

Ciri Khas Batik Tulis

Proses pembuatan ini memakan waktu yang cukup lama. Biasanya mencapai bulanan. Bahkan ada yang sampai tahunan tergantung dari kerumitan motif serta banyak dan teknik pewarnaannya. Seperti batik genthong di Madura yang harus dipendam dalam waktu yang lama untuk memunculkan warna yang lebih kuat.

Proses Membuat Batik Tulis.

  • Sebagaimana disebutkan di atas, proses membuat batik tulis menggunakan tangan. Biasanya desainer membuat pola terlebih dahulu untuk dibubuhkan malam kemudian pengrajin batik akan menuliskan  atau menggoreskan canting, memblok dengan menggunakan lilin atau malam tadi di atas kain.
Lilin atau Malam

Lilin atau Malam digunakan ibarat tinta untuk media perintang warna.

Proses membuat batik tulis

  • Hal tersebut telah menjadi pengetahuan umum bahwa menulis dengan tangan memerlukan ketelitian sehingga hasilnya akan rapi dan sempurna.
  • Setelah proses tersebut dan kering, maka mulai ke pencelupan untuk pewarnaan.
  • Proses ini juga memiliki ketelitian karena membutuhkan waktu yang tepat untuk memunculkan warna yang diinginkan.
  • Setelah kering, untuk menghilangkan malam, akan dilalui proses melorot batik.
  • Jika masih membutuhkan motif lainnya maka akan dilakukan untuk proses menulis lanjutan dan terus berulang sampai pada gambar pada kain batik tersebut terlihat sempurna, sebagaimana yang diinginkan.
  • Singkatnya adalah sebagaimana urutan tersebut di atas.

Dari proses pembuatan tersebut akan melihat ciri khas batik tulis, antara lain :

  • Gambar yang sama tidak akan identik karena pengaruh pembubuhan titik, garis maupun lengkung dengan menggunakan tidak akan sama.
  • Serapi-rapinya buatan tangan tidak akan serapi buatan mesin. Namun justru inilah, karya buatan tangan yang paling dihargai jika memiliki tingkat kerapihan dan detil yang tinggi.
  • Pada umumnya, kain batik tulis, setiap sisi akan memiliki kesamaan atau identik, walau dalam beberapa kasus seperti buatan Tanjung Bumi di Madura ada perbedaan karena bagian sisi yang lain ada perbedaan.
  • Harum khas lilin / malam akan sangat terasa dan sangat jauh berbeda dengan batik buatan pabrikan textile, misalnya.
Batik Tulis Khas Solo

Batik Tulis Khas Solo

Harga Batik Tulis

Nah, ini yang menarik. Karena sulit untuk menemukan batik tulis dengan harga yang standar. Saya mencoba menguraikan dari harga yang termurah sampai yang termahal.

  • Yang termurah, batik tulis asli dapat dijumpai mulai Rp 350.000,- – Rp 750.000,- di Batik Ganitri. Di buat asli dengan yang dibuat oleh ahli batik kami di daerah Sragen dan Kampung Laweyan. Saat ini harus pesan terlebih dahulu melalui toko online Batik Ganitri.
  • Yang sedang, atara Rp 750.000 – Rp 4 jutaan. Ini batik tulis yang betul-betul memiliki kerapatan dan kerapihan yang tinggi. Proses pembuatannya sampai 3 bulan atau lebih, tergantung dari warna, kerapatan dan variasi motif. Batik Ganitri menyediakan ini dengan bekerja sama dengan salah satu pembatik terkemuka di kota Solo. Beberapa waktu yang lalu pernah kami mendapat order dari Banten dan Lampung pada rentang harga ini dan variasi bahan katun pilihan dan sutera.

Batik Tulis

  • Yang paling tinggi adalah tentu saja di atas harga tersebut. Batik Ganitri bekerja sama dengan salah satu Pembatik Madura yang menyediakan batik unik yang berada di kisaran harga ini. Sangat halus, detil presisi dan terkesan mewah.
  • Jika kita melihat salah satu karya Pak Sapuan  dari Pekalongan, seakan membuat batik lukisan, tentu saja harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta.

Lebih lanjut tentang Ciri Khas Batik Tulis Asli, Batik Cap dan Printing akan disampaikan di artikel berikutnya. Ikuti saja terus blog ini ya. 🙂

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *