Free SSL Certificate
Kantor Pos Solo
Kantor Pos Solo – Gladak | Layanan dan Jam Buka
May 27, 2017
Keunikan Masjid Agung Surakarta | Sejarah, Lokasi dan Foto
June 14, 2017

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Solo | Online | Luar Daerah Surakarta

Cara Membayar Pajak Kendaraan

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Solo atau Surakarta sangat mudah termasuk untuk luar daerah dan hanya memerlukan beberapa menit saja, hanya waktu antrinya yang cukup lama karena banyaknya masyarakat yang akan melakukan pembayaran.

Aku sengaja mengikutinya. Biasanya jika di Surabaya MYY yang suka melakukannya. Namun kali ini aku kebagian tugas untuk membayar kendaraan milik Ibu.

Ini ceritaku tentang

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Solo

Cara Membayar Pajak Kendaraan

Sebetulnya daerah terdaftar kendaraan Ibuku termasuk Sukoharjo. Namun berdasarkan informasi kalau pembayaran dapat dilakukan pula di Kantor Samsat Solo yang berada di jalan Profesor DR. Soeharso No.17, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144. Atau dapat juga dilakukan melalui Samsat Keliling yang disediakan sesuai dengan jadwal sebagaimana di bawah ini :

  • Hari Senin : Kelurahan Banyuanyar
  • Hari Selasa: Halaman parkir pusat oleh-oleh Jongke
  • Hari Rabu: Kelurahan Singopuran Kartasura
  • Hari Kamis: Kecamatan Jebres
  • Hari Jumat: Balai Kota Solo
  • Hari Sabtu: Goro Assalam
  • Hari Minggu: Car Free Day Jl Slamet Riyadi

Bisa dibaca : Suasana Car Free Day Solo. 

Karena Kantor Samsat Solo dekat dengan kediamanku, maka aku lebih memilih ke Kantor tersebut. Aku datang pagi-pagi sekali sebelum jam 8 supaya mendapat antrian yang lebih muda. Saat ini kondisi di Jalan Profersor Soeharso sedang mengalami perbaikan, namun kendaraan roda dua yang aku gunakan dapat masuk melalui Jl. Slamet Riyadi. Kondisi jalan tersebut diperbaiki sampai ujung pertigaan Fajar Indah.

Sampai di Kantor Samsat Solo, diwajibkan untuk membayar parkir sebesar Rp 2.000,- saja. Langsung masuk ke bagian pembayaran dengan loket Layanan Khusus. Namun sebelumnya melihat dulu persyaratan bahwa untuk membayar pajak kendaraan bermotor (bukan perpanjangan STNK), hanya diwajibkan menyerahkan KTP asli dan STNK asli saja. Akupun menyerahkannya ke bagian informasi untuk mendapatkan nomor panggilan.

Dari bagian informasi tersebut dengan petugas seorang satpam, aku mendapat nomor panggilan 68 berupa secarik kertas dan KTP serta STNK yang sebelumnya sudah ditumpuk. Wuih … padahal aku datang sebelum jam 08.00 sebagaimana disebutkan jamnya buka layanan. Akhirnya terpaksa menunggu dan kebagian panggilan pada jam 09.35 menurut jam di hapeku.

Cara Membayar Pajak Kendaraan

Ketika dipanggil sesuai dengan nama yang ada di KTP / STNK (kedua nama ini harus sama, yah), akupun maju ke meja layanan, kemudian menyerahkan kembali nomor urut panggilan, KTP Asli dan STNK Asli pemilik kendaraan yaitu ibuku. Kemudian disebutkan berapa yang harus dibayar. Akupun menyerahkan uang ke petugas tersebut. Kemudian petugas menyerahkan tanda bukti pembayaran terakhir dan stempel pengesahan pada STNK yang berlaku 5 tahun tersebut. Setelah menerima kedua bukti, selesai sudah Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Solo ini.




Jadi prosesnya tidak lama, paling hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit saja. Sekali lagi antrinya yang cukup lama. Terlebih bagi mereka yang datang di atas jam 08.00, karena ketika aku akan pulang, antrian semakin banyak terlihat di tempat duduk yang disediakan.

Itulah sekilas pengalamanku pertama kalinya. Ternyata sangat mudah Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Solo dengan melakukannya sendiri dan tidak perlu bantuan pihak ketiga atau calo. Wong mau bayar kok ya .. he he.

Semoga bermanfaat bagi pembaca yang mampir ke mari.

Boleh dibaca juga :  Tempat Wisata di Solo. 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.