Free SSL Certificate
Toko Online Batik
7 Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Toko Online
December 30, 2016
harapan tahun 2017
Tahun 2017 Harapan dan Target Baru
January 1, 2017

Beda Nulis di Blog dan di Catatan Biasa

menulis di blog

Tidak ada bedanya, nulis di blog dan di catatan biasa, sama saja. Huruf dirangkai menjadi kata, kata menjadi kalimat, lantas menjadi alinea, paragraf, koma, titik, tanda baca, semuanya sama.

Keyboardnya juga sama, asdfghjkl wkwkwk, kecuali pakai pakai pulpen atau ballpoint. (ha ha kayak gini aja ditulis).

Nulis artikel dengan membuat keterangan untuk produk di web juga sama saja. Itu-itu saja caranya. Jadi ternyata secara prinsip tidak ada yang berlainan.

T A P I

Tetap ada Bedanya Nulis di Blog dengan Nulis Biasa.

Punya blog dan web toko online batik mau tidak mau harus nulis. Saya diajarkan sama suamiku ketika dulu cara nulis di blog dan dilanjut ketika web BatikGanitri.Com aktif, harus mengisi produk. Karena kebiasaan pas isi produk inilah aku tanya, ternyata caranya sama saja. Sedangkan dengan nulis biasa, ini beberapa perbedaan yang aku lihat :

Judul

Tiap nulis harus ada judul. Dulu nulis di buku harian kalau curhat juga ada judulnya, sekalipun tanggal thok. Bedanya, judul di blog harus mementingkan apa yang orang cari. Dia kasih contoh, jika judul produk Hem Genthong, maka untuk produk yang dijual, saya harus menulis Jual Hem Batik Pria Genthong Istimewa. Alasannya karena toko kita jualan.




Karena suka bingung mikir judul buat blog, maka aku tanya terus, suka ragu untuk judulnya. Dia kasih tools biar gak nanya terus. Ambil aja kata terpanjang dari http://keywordtool.io. Masukan satu atau dua kata di sana, kemudian ambil yang terpanjang.  Wis, paham aku.

Aline Pertama

Ada kata-kata yang sesuai judul yang ditempatkan di aline pertama. Ternyata maksudnya untuk deskripsi potongan di mesin pencari. Istilahnya, seo friendly, katanya. Oke deh.

Sub Judul

Dikasih tahu caranya, blok sub judul, kemudian klik paragraph, pilih sub judul. Jangan ada h1-nya. Sarannya : sebaiknya ada h2, h3 dan h4. Kalau gak ada jangan dipaksakan. Cukup h2 saja. Nanti gak nulis-nulis.

Panjang Kata

Baiknya 1000 kata lebih, katanya. Cape banget. Paling kuat juga di bawah itu dan di atas 500. Tapi dia gak memaksakan kok. “Yang penting nulis”, katanya.

Gaya Nulis

Kayak bercakap-cakap. Jangan kayak nulis skripsi atau laporan ke BI.

Ohh.

Sisipan Link

Sama kaya isi produk di toko onlineku jika ingin isi produk yang sejenis, diblok yang mau kasih link, tekan tombol rante, isikan hasil copy dari browser, klik link option yang gambarnya gerigi roda, centang open new tab. Klik Add Link. Beres.

Sisipan Gambar

Ini agak ribet nih. Harus buka jpeg-optimizer.com, kemudian aku harus pilih gambar dan dikompress supaya tidak berat. Setelah dipaksakan, lama-lama ya bisa. Sama plek plek dengan isi produk yang dulu diajarkan. Selalu isi alt juga dengan topik yang sesuai atau kata kuncinya, biasanya muncul kolomn isiannya setelah diupload. Kasih sumber kalau gambar miliknya orang lain. Syukur-syukur bisa dikasih keterangan gambar.

menulis blog

Sumber : Kumpulan Private Label Right-nya MYY

Set Featured Image

Lanjutnya, jangan lupa isi Set featured image. Di blog ini dia sudah matok di 800 x 451. Biar seragam tampak depannya.

Warna Huruf

Kalau mau pake warna huruf, tinggal di blok kalimatnya, terus pilih warna dengan klik tombol A bergaris bawah.

Sip, kucoba deh. 

Centang Categories.

Cukup jelas. (gaya penjelasan undang-undang ha ha).

Terakhir : Isi Kolom All In One Seo Pack Di Bawah.

Sarannya : Judul copy dari judul di atas. Descriptionnya copy dari alinea pertama jangan lebih dari 160 karakter. Biar enak dilihat katanya tampilan di search engine. 

*

Segitu dulu, catatan penting perbedaan nulis di blog hasil belajar dari guru ngeblogku supaya cara posting tidak lupa. Tolong kasih saran lagi, ya!!

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

9 Comments

  1. Wew…. gurunya udah master blogger sepertinya hehe. Semua tips tersebut memang cara menulis blog yang ideal seperti yang saya tahu. Malah lebih detail gurunya Mba Lelly hehe.

    Namun saya punya pendapat lain tentang panjang kata. Saya lebih setuju kalau panjang kata sewajarnya adalah 500 kata. Kalau 1000 kata menurut saya terlalu panjang. Dikhawatirkan visitor menjadi lelah membacanya. Saya pun juga nggak mampu kalau menulis 1000 kata terlalu sering hehe

  2. Dee Ann Rose says:

    Terima kasih sudah berbagi, Mbak. Emang lebih baik ditulis biar tidak lupa.. sekaligus berbagi. Hehe

  3. kalo saya malah antara 1500 sampe 2000 kata wkwkwk. baca sendiri aja melelahkan. tapi untuk sebuah tulisan perjalanan seperti blog saya, terlalu pendek kalo hanya 500 kata 🙂

  4. eLJe says:

    Blog mbak Lel keren.. tulisannya juga keren.. gaya bahasanya lebih menarik daripada kang yayat.. 😀

    • Lelly says:

      Ish, makash dah dikunjungi.
      Yang bikin blog kan bukan saya Bun.
      Kalau soal tulisan ya seadanya. Saya gak bisa nulis wkwk wk.

    • eLJe says:

      Tagline nya juga keren “tidak ada yang tak mungkin, kecuali manusia makan kepalanya sendiri”
      sama kerennya dengan “Cikaracak ninggang batu, laun-laun jadi dekok..”

      semangat terus ya mbak Lel.. aku nanti belajar nulis juga.. biar bisa ngeblog lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.