Free SSL Certificate
Batik Indonesia

via. serambibatik.com

Banyak dari kamu pasti sudah tahu kan kalau batik merupakaan kekayaan Indonesia yang telah diakui oleh dunia? Keistimewaan batik Indonesia tidak hanya memukau masyarakat dalam negeri saja loh. Terbukti banyak dari negara Asia, Afrika, dan Eropa juga mengagumi karya warisan leluhur bangsa Indonesia yang satu ini. Bahkan pada tahun 2009, Batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan dalam bentik lisan dan non-bendawi atau Masterpece of The Oral and Intangible Heritage Humanity.
Nah! Sekarang, seberapa dekat sih kamu mengenal batik? Beberapa dari kamu pasti bingung kan dengan pertanyaan tersebut? Tenang saja! Mengenal batik tidak harus membuka berlembar-lembar buku kok. kamu bisa melakukan perjalanan ke tempat-tempat di mana batik itu berasal. Ya! Hanya dengan membeli tiket citilink, kamu bisa berlibur sekaligus belajar. Seru kan?!
Sebelum kamu melakukan perjalanan bersama tiket citilink, berikut rangkuman beberapa jenis batik yang kepopulerannya hingga ke mancanegara. Yuk langsung saja disimak!

Motif Batik Tujuh Rupa

Batik Indonesia

via. svl.petra.ac.id

Batik tujuh rupa atau biasa disebut Batik Pekalongan merupakan motif batik dengan perpaduan budaya lokal Pekalongan dan etnis Cina. Akulturasi dari kedua budaya tersebut menghasilkan motif batik yang sangat khas seperti motif buketan, motif semen, motif terang bulan, motif jlamprang, motif pisan bali, dan juga motif lung-lungan.
Motif batik tujuh rupa ini terkenal dengan nuansa alamnya. Motif-motif yang ditampiljan kebanyakan tentang hewan dan juga tumbuhan.

Motif Batik Gentongan

batik indonesia

via. pasongsongan.blogspot.com

Model batik ini bisa kamu temui saat kamu berkunjung ke Madura. Yang membuat batik Madura ini menarik adalah dari segi pemilihan warnanya. Jika kebanyakan batik menggunakan warna yang lembut, Batik Gentongan memiliki warna-warna yang mencolok, seperti kuning, hijau, merah, atau ungu.
Soal penamaanya, batik gentongan berasal dari gentong, yakni wadah dari gerabah yang berfungsi sebagai tempat untuk mencelup warna kain batik.

Motif Batik Sogan

Motif Batik Sogan

via. batikdjokosantoso.blogspot.co.id

Batik yang satu ini sudah ada sejak jaman kerajaan di Pulau Jawa, khususnya di daerah Solo. Batik yang dulunya hanya dipakai oleh raja dan keluarga kerajaan ini didominasi dengan warna cokelat muda dengan motif yang khas. Ingin memiliki batik ini? Langsung saja ke kota Solo.

Motif Batik Keraton

Batik Kraton

via. dictio.id

Seperti namanya, batik keraton ini dulunya hanya boleh dipakai oleh keluarga Keraton. Tepatnya Keraton Yogyakarta. Ciri khas motif Batik Keraton ini terletak pada motif bunga simetris dan sayap burung yang digambarkan sebagai satwa liar. Gambaran motif batik ini juga mempunyai filosofinya tersendiri, yakni melambangan kebijaksanaa, kearifan, dan juga charisma raja-raja Jawa.

Motif Parang

Batik Motif Parang

via. krjogja.com

Batik dengan motif parang ini bisa kamu temui hampir di seluruh pulau Jawa, mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga di Jawa Barat. Namun, meskipun terlihat sama, motif batik parang di tiap daerah selalu mempunyai ciri khasnya masing-masing. Seperti di Jawa Tengah, ada motif batik parang slobog, di Yogyakarta ada motif parang rusak dan juga parang barong, sedangkan di Jawa Barat ada motif parang klisik.
Parang sendiri memiliki arti pereng atau miring, jadi jangan heran jika kamu melihat motif batik ini didominasi dengan motif berbentuk huruf “S” miring.
Itulah beberapa jenis batik Indonesia yang populer hingga ke mancanegara. Sayang kan kalau warisan budaya yang kaya akan nilai keindahan tidak diwariskan kepada anak-cucu kita. Yuk, mulai sekarang mulai belajar mengenal warisan budaya leluhur bangsa Indonesia!

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.