Free SSL Certificate
Wahana Ekspedisi Solo
Wahana Logistic Solo Salah Satu Perusahaan Kurir Langganan Kami
February 16, 2017
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno, Pecinta Batik Yang Menjadi Calon Wakil Gubernur
February 18, 2017

Batik Cap Khas Solo | Ciri-ciri | Proses Pembuatan dan Harganya

Batik Cap Khas Solo

Batik Cap Khas Solo, memiliki ciri-ciri yang unik, sering menjadi pilihan untuk seragam batik karena lebih mudah dalam menyamakan ornamen dibanding dengan batik tulis dan shibori, harganya juga lebih murah.

Disebut batik cap karena proses pembuatannya menggunakan cap, mirip dengan setempel, kebanyakan ukurannya lebih besar. Canting cap orang pada menyebutnya, dan dibuat dari tembaga dan kuningan yang harga pembuatannya cukup mahal.

Sangat menarik untuk melihat orang-orang yang membatik dengan menggunakan metode ini.

Batik Cap Khas Solo dan Ciri-cirinya.

Batik khas Solo pada dasarnya tidak melulu pada cara pembuatannya baik dengan cap maupun tulis. Lebih pada penekanan warna sogan yang unik serta motif klasik yang elegan.




Motof Parang, Truntum, Sekar Jagat, Kawung, Kelompok Sidomukti dan lainnya adalah beberapa di antara motif yang populer. Memilih dengan menggunakan cap supaya lebih murah dan mudah dalam pembuatannya dibanding dengan batik tulis.

Berikut adalah ciri-ciri batik cap

Memiliki kesamaan bentuk detailnya untuk kelompok motif tertentu dengan menggunakan cap. Alat ini yang membedakan dengan goresan tangan ketika malam atau lilin sebagai bahan perintang warna diterakan ke sebuah kain. Goresan tangan tidak akan memiliki sama dalam detilnya terutama dilihat secara kasat mata, sedangkan dengan metode cap akan banyak menemukan kesamaan. Jenis ini sangat disukai terutama untuk seragam batik karena mudah dibuat dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang lebih singkat dibanding dengan batik tulis.

Batik Cap Khas Solo

Ciri-ciri lainnya adalah sama dengan membuat batik tulis, dari sisi wangi malam yang khas serta tampil sama untuk dua sisi kain.

Proses Pembuatan Batik Cap

Yang menjadi ciri khas dalam membuat batik ini adalah penggunaan alat pembentuk motif dan ornamen dengan menggunakan canting cap yang bentuknya mirip dengan stempel dengan ukuran yang lebih besar.

Canting cap tersebut dicelupkan ke dalam lilin yang dipanaskan kemudian ditekan pada kain dalam sebuah meja. Biasanya meja tersebut memiliki sandaran yang empuk supaya ornamen dapat membentuk lebih sempurna.

Proses Membuat Batik Cap

Setelah kelar membubuhi malam, barulah proses berikutnya adalah mencelupkan kain ke dalam sebuah bak yang berisi pewarna untuk mendapatkan pewaraan yang menjadi pilihan.

Proses melorot juga menjadi bagian dalam pembuatan batik jenis ini, yakni menghilangkan malam untuk memperlihatkan motif.

Proses membatik ini harus melalui pengulangan tergantung dari banyaknya warna yang diinginkan dalam sebuah kain batik.

Untuk kain tertentu kadang dikombinasikan dengan tulis dan colet untuk penyempurnaan dan variasi ornamen atau motif dan warna.

Harga Batik Cap 

Harga kain batik cap di Batik Ganitri memiliki variasi harga mulai Rp 85.000,- untuk kain standar sampai Rp 250.000,-. Tergantung dari tingkat kesulitan dan banyaknya warna yang dipilih atau dipesan.

Kain tersebut berukuran standar dengan lebar 115cm dan panjang 200cm.

Sedangkan untuk pakaian jadi harga mulai Rp 145.000,00 ke atas, tergantung juga dengan kain yang dipilih dan tingkat kesulitan dalam hal motif, warna dan proses menjahit baju tersebut.

Murah kan?

Model Seragam Batik Untuk Kantor

Batik Cap Khas Solo ini kerap menjadi pilihan untuk seragam batik karena nuansa menggunakan batiknya cukup terasa dan lebih bangga mengenakannya dibanding dengan menggunakan printing.

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.