Free SSL Certificate

Artis Penyanyi Cilik Indonesia Era 70an, sengaja yang populer pada masa itu atau jaman ketika aku masih kecil dulu yang lahir di sekitar tahun 1970an. Tuh .. dah tua, ?

Saat itu Indonesia hanya satu stasiun televisi, dan artis cilik itulah yang sering ditunggu-tunggu kemunculannya. Berikut nama-nama yang ngetop saat itu

Artis Penyanyi Cilik Indonesia Era 70 an

Chicha Koeswoyo

Artis Penyanyi Cilik Indonesia Era 70 an

Penyanyi ini yang paling populer dengan lagunya yang juga populer sampai saat ini yaitu Helli.  Mirza Riadiani Kesuma demikian nama aslinya, lahir 1 Mei 1968,  anak pertama dari Nomo Koeswoyo. Adiknya Chicha yang juga sering kita dengar dulu adalah Helen Koeswoyo.

Pada saat itu Chicha banyak mengeluarkan album, baik sendiri maupun duet yang salah satunya paling populer berduet dengan Adi Bing Slamet. Inget, kan lagu sebagian liriknya nih … Chicha kau mau ke mana? Mau ke Taman Ria. Chicha boleh aku ikut? Tentu, asal menurut .. he he. Senyum-senyum dah aku.

Adi Bing Slamet

Adi Bing Slamet

Sekilas disebutkan di atas, kalau Adi Bing Slamet sering berduit dengan Chicha. Nah, Adi ini yang sering lihat juga di film dan sinetron baik masa anak-anak, remaja sampai beliaunya sudah tidak remaja lagi wkwkwk, adalah penyanyi anak cowok yang mengimbangi kepopuleran Chicha. Putra dari almarhum Bing Slamet ini termasuk banyak yang diidolakan sama anak-anak termasuk rambutnya yang khas, yakni poni, lurus dan agak panjang.

Nama aslinya Ferdinand Syah. Beliau lahir di Jakarta, 6 Maret 1967. Konon mengeluarkan album sampai 20 buah. Yang populer Mak Inem Suka Latah .. E copot.. copot copot ha ha.

Ira Maya Sopha

Ira Maya Sopha

Sekarang dipanggil Mama Ira, ya. Dulu sewaktu aku masih anak-anak, lengkap disebutkan nama lengkapnya. Ira Maya Sopha. Menurut wikipedia nama awalnya menggunakan Hyra. Mama ini lahir di Jakarta tanggal 21 Maret 1968. Populer karena berperan sebagai Putri Cinderella dengan sepatu kacanya.

Aku masih hafal lagunya, lho. Yang ini nih … Kerja kerja mari kita kerja. Gunting, jahit jadilah gaun. Gaun indah menarik untuk putri yang cantik … dst.

Artikel berkaitan : Sinetron Populer Jaman Dulu.

Sari Koeswoyo

Sari Yok Koeswoyo

Nama lengkapnya Herning Hapsari, seumuran dengan Chicha yang masih kerabatnya. Sari Koeswoyo, nama populernya, adalah anak pertama dari Yok Koeswoyo salah seorang personel dari group band legendaris Koes Plus. Salah satu lagu yang populer yang dinyanyikannya adalah Pelangi.

Anak-anak sekarang juga saya yakin lagu ini termasuk lagu yang sering diajarkan untuk dinyanyikan.

Dina Mariana 

Dina Mariana

Nama lengkapnya Dina Mariana Heuvelman, penyanyi cilik tempo doeloe yang usianya lebih tua dibanding yang di atas. Dina mencicipi dunia nyanyi sampai dia menginjak remaja dan sudah banyak album yang diluncurkan. Selain menyanyi juga main film.

Salah satu lagu yang populer masa anak-anak adalah Pinokio, bersama Ateng dan Iskak (Pelawak yang populer pada masa itu) serta Liza Tanzil.




Ada lagu yang sedih loh, judulnya Merantau .. coba dengar deh.

Dina juga kerap menjadi bintang iklah yang kerap kita temukan di acara Manasuka Siaran Niaga.

Bisa dilihat : Manasuka Siaran Niaga, Mengingat Iklan Jadul Era 70 – 80an. 

Diana Papilaya

Inget lagu Paman dari Mana? Nah, Diana Martini Papilaya, penyanyi cilik yang beriringan dengan nama-nama yang sudah disebutkan di atas. Diana Papilaya lahir tanggal 29 Januari 1967, konon saat ini menekuni bisnis homeschooling.

Liza Tanzil

Dulu populer loh yang namanya Sanggar Sangrila, yang kerap menghadirkan operet di televisi. Ya, Liza Tanzil lah salah satu tokoh ciliknya. Bersama Dina Mariana mempopulerkan lagu Pinokio. Liza Tanzil juga sering hadir berduet dengan Adi Bing Slamet dalam Kisah Rino dan Rina.

Puput Novel

Puput Novel

Puput Novel termasuk yang termuda dari penyanyi di atas, beliau lahir pada 31 Agustus 1974 yang memiliki nama lengkap Putri Zizi Novianti. Jika teman-teman inget Kojak pada masa lalu, maka lagu ini salah satu yang mempopulerkannya.

Puput juga masih terdengar namanya sampai beliau menginjak remaja bahkan dewasa dan sering kita lihat di TV membawakan lagu-lagu baik sendiri maupun keroyokan.

Yoan Tanamal

Yoan Tanamal

Nama panjangnya Johana Maria Frances. Menggunakan nama Tanamal mengikuti nama orang tuanya yang bernama Enteng Tanamal, musisi pada terkenal pada masa itu dan Tanty Yosepha, seorang aktris yang populer dengan film yang berjudul Suster Maria.

Jika pernah dengan lagu .. Mama lihatlah kodok melompat ..dst .. nah itulah lagu Si Kodok yang dipopulerkan oleh Yoan. Dan sangat populer saat itu.

Nama-nama di atas juga sering menghiasi majalah anak tempo dulu.

Boleh dibaca : Majalah Anak Era Tahun 1980 an

Masih banyak lagi Artis Penyanyi Cilik Indonesia Era 70 – 80 an, namun untuk sekedar mengingat, aku cukupkan 9 aja ya. Ikuti terus blog ini, dan silakan dishare ke teman-teman untuk sekedar nostalgia atau mengingat masa lalu yang lucu-lucu.

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

2 Comments

  1. Nadella says:

    Now and then ya judul nya Mba. Entah kenapa saya suka nih artikel-artikel atau hal-hal yang berbau Now and Then. Hehe. Bagus mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *