Free SSL Certificate

Angkringan Jowo di Kota Solo cukup dikenal namanya khususnya di kalangan musisi Surakarta karena pemiliknya adalah salah satu pemain bass rok beken semenjak tahun 90an, yaitu Kaisa Kid. Mas Ivan, namanya. Sebuah tempat yang asyik untuk nongkrong dan memiliki dua area, di bagian luar dan dalam.

Tempat kuliner ini dari sisi jenis makanan mirip dengan wedangan hik. Nasi bandeng salah satu ciri khas wedangan hik tersebut juga hadir. Yang menarik adalah varian nasinya lebih banyak pilihan. Salah satu yang unik adalah nasi bakar yang dibungkus dengan daun pisang. Dan rasanya enak betul.

Angkringan Jowo

Angkringan berarti bisa jadi warung makan yang pada awalnya adalah tempat jualaan makanan keliling. Dan kini seakan menjadi tempat nongkrong. Aku menemukan tempat ini dengan nama yang sama yaitu di Surabaya, Yogyakarta dan Solo sendiri.

Jowo di sini berarti ya Wong Jowo. Orang Jawa.

Jadi angkringan jowo bisa jadi memiliki makna tempat makan sambil nongkrongnya wong Jowo.

Jenis Makanan Yang Lebih Lengkap

Angkringan Jowo

Cukup banyak yang dihidangkan di tempat ini. Selain varian nasi yang lebih banyak, juga berbagai macam sate, dari mulai kikil, sate hati dan rempela, dan lainnya. Demikian juga tempe dan tahu bacem yang merupakan makanan wajib wedangan, hadir dengan rasa yang lebih nikmat.

Angkringan Jowo Solo

Makanan ringan juga tidak kalah banyaknya untuk dijadikan pilihan. Pisang, tape, uli, serta ragam goreng-gorengan bisa menjadi pengiring canda bersama sahabat maupun keluarga.

Dari sisi minuman, sudah pasti teh manis panas, teh jahe, es teh manis juga kopi hadir. Tehnya bisa pilih dalam kemasan gelas kecil atau yang lebih besar. Rasanya sepet-sepet teh hitam khas Solo yang unik.

Masalah harga? Hampir sama dengan wedangan lainnya. Yang menarik, harga dicantumkan di tempat hidangan sejenis, jadi kita bisa memperhitungkan sendiri dengan tepat berapa yang harus dibayar setelah kita mencomotnya. Good.

Artikel terkait : Wedangan Hik.

Tempat Berkumpulnya Musisi

Ya, selain di wedangan biru yang juga berdekatan dengan salah satu studio rekaman di kota Solo, tempat ini juga kerap dikunjungi musisi Solo.  Ivan adalah salah satu musisi senior di kota Solo ini.

Titik Nol Band

Gitaris Titik Nol Band bersama sang Ayah sekaligus Managernya sedang menikmati hidangan Angkringan Solo. Sumber foto : FB Ivanka Riez – Pemilik Angkringan Solo

Salah satu dari yang sering berkunjung adalah Titik Nol Band.

Pertama kali mengetahui tempat ini ketika mengantar MYY rapat akhir Panitia Reuni FH90 UNS yang diadakan di Karang Pandan. Aku yang tidak terlibat malah ngobrol juga dengan istrinya pemilik yang sibuk melayani.

Risma, namanya. Wajah yang familiar ternyata adalah memang sering lihat sewaktu tahun 90an karena dulu sering ketemu di bilangan Pedaringan. Tempat kostnya temenku.

Kini Risma menjadi juragan angkringan yang sibuk melayani konsumen dengan dibantu beberapa anak buahnya.

Tempat yang nyaman baik di dalam maupun di luar adalah kelebihan dari Angkringan ini. Otomatis jika ada gangguan cuaca, seperti musim hujan dan dingin di kota Solo ini, kita akan lebih memilih di bagian dalam. Di tempat ini pula sering dijadikan tempat meeting kecil seperti yang dilakukan MYY beserta pasukan panitia tadi.

Jadi, ini adalah salah satu alternatif sebagai tempat hangout yang menarik.

Selain itu, yang menyenangkan di tempat ini adalah lahan parkirnya yang luas. Kendaraan baik mobil maupun motor tidak mengganggu bentangan jalan KH. Samanhudi ini. Satu jalur dengan Museum KH. Samanhudi yang pernak aku ceritakan beberapa waktu yang lalu.

Lihat :  Museum KH. Samanhoedi

Angkringan Solo adalah salah satu pilihan bagi yang ingin nongkrong menikmati malam Kota Solo yang hidup 24 jam ini. Selain rasanya khas Solo juga harganya tidak akan nguras kantong anda.

Artikel lainnya : Tempat Ngopi di Kota Solo

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *