Free SSL Certificate

Alas Karet Polokarto Sukoharjo sebuah lokasi wisata yang menarik dan adem, sering dijadikan tempat foto prewedding yang murah bahkan tidak dikutip untuk biaya masuk lokasi. Jaraknya tidak jauh dari Kota Solo, hanya beberapa kilometer saja, hanya ditempuh 20 menit saja dengan kendaraan roda dua dari Kampung Laweyan, Surakarta.

Lihat : Kampung Laweyan, Surakarta. 

Suamiku kebetulan sedang membutuhkan foto untuk dikirim ke Pangkalan Bun dengan tema perkebunan. Alaska, singkatan dari alas karet. Alas berarti hutan/kebun. Polokarto yang dipilih sesuai dengan rekomendasi dari teman-teman WA Group, kebetulan beberapa teman kami ada yang tinggal di daerah sana.

Penyadap Karet

Penyadap Karet Alaska Polokarto

Beberapa merekomendasikan di daerah Bulu. Kami sepakat untuk ke Polokarto terlebih dahulu untuk mengamankan dalam perolehan foto, setelah itu baru akan ke Bulu.

Alas Karet Polokarto Sukoharjo

Bakda Subuh, dari Laweyan, kami menelusuri jalur jalan Veteran, masuk ke Bekonang dan di persimpangan …. kami belok kanan dan sudah masuk Kecamatan Polokarto. Tidak jauh dari pasar, terdapat gerbang di sebelah kiri dan memasuki Dukuh Karanggale Desa Tepisari. Tidak jauh dari sana sudah memasuki area perkebunan karet yang sangat luas.

Dusun Karangale

Aku masuk dari Dusun Karangale

Pagi di sini sangat menyegarkan. Jauh dari polusi kota. Kabut masih terlihat menyelimuti. Suamiku mulai dengan beberapa jepretan untuk mendapatkan foto yang diinginkan. Ingin mendapatkan terbaik untuk memberikan sebuah contoh foto ke salah satu perusahaan di Pangkalan Bun yang kebetulan ingin berkenalan dengan kami.

Alas Karet Sukoharjo

Beruntung pagi ini kami mendapatkan beberapa penyadap karet yang sudah mulai mengambil getah dari beberapa pohon dari sekian banyak pohon yang tumbuh di sekitar perkebunan. Kami menghampiri satu persatu untuk meminta ijin memotret.

Setelah dapat beberapa jepretan, kami mampir sekedar istirahat di sebuah warung kecil seperti Wedangan Hik yang kerap dijadikan tempat istirahat para penyadap karet.

Artikel terkait : Apa itu Wedangan Hik

Sekilas Tentang Penyadap Karet Di Alas Karet Polokarto

Proses Menyadap Karet

Kami mengikuti alur cara menyadap karet. Sangat menyukai caranya menggesekkan semacam parang ke kulit pohon lantas muncul getah dan mengalir ke alur yang dibuat seperti aliran sungai lantas ditampung pada botol-botol bekas air mineral.

Proses Penyadap Karet

Para penyadap akan girang jika musim hujan tiba karena getah karet yang dihasilkan akan mencapai lebih dari 40kg. Bahkan untuk yang bekerja secara borongan bisa mencapai 100kg per orang dalam satu harinya.

Namun pada musim kemarau bahkan kering mulai melanda, untuk mendapatkan 25 kg saja sangat sulit.

Getah karet yang tertampung di dalam bekas air mineral tadi, setelah penuh lantas dimasukkan ke dalam sebuah tabung dan kemudian dibawa ke panampung yang ada di sekitar perkebunan untuk diserahkan dan menerima pembayaran hasil “panen” tersebut.

Sering Dijadikan Tempat Prewedding

Alas Karet Polokarto

Memang sangat unik untuk foto-foto di sini. Tidak terkecuali untuk prewedding. Selain banyak tempat yang dapat dijadikan lokasi dan backround, juga untuk foto-foto di tempat ini tidak dikutip biaya masuk atau tiket. Bebas sebebas-bebasnya.

Bisa dilihat : Fotografer Prewedding Solo.

Menurut cerita penduduk setempat, pada hari minggu, banyak orang yang mengunjungi Alas Karet Polokarto untuk berwisata. Mereka selain sekedar untuk foto-foto juga sering dijadikan tempat makan bersama, pertemuan antar keluarga bahkan perusahaan.




Tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk offroad dan pertemuan komunitas berkendara dari berbagai merk kendaraan.

Singkatnya, jadikan Alas Karet Polokarto di Sukoharjo ini sebagai pilihan untuk wisata keluarga atau foto prewedding bahkan mungkin untuk membuat sebuah film, misalnya. Gak rugi deh datang jauh-jauh. Apalagi dari Solo, tidak memerlukan banyak waktu untuk berkunjung ke tempat yang asyik ini.

 

 

Lelly
Lelly

Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id.
Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

2 Comments

  1. monda says:

    datang ke alaska harus pagi2 banget supaya ketemu dengan para penyadapnya ya.
    kalau aku ke sini pastinya bakal minta ijin minta getah karetanya sedikit buat dibikin bola.
    mainan masa kecil nih mbak,
    getah dioles dilengan, setelah kering digulung jadi bola, wangi getahnya itu khas banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

javascript hit counter