Free SSL Certificate

7 Sinetron Jaman Dulu sebagai bagian dari nostalgia, karena memang acara ini yang berkesan, menjadi tontonan favorit kala itu di TVRI, SCTV dan RCTI. Acara ini termasuk paling ditunggu karena selain cerita yang menarik juga settingnya banyak yang tidak dibuat-buat. Yang terpenting jauh dari kesan kejar tayang.

Selain itu beberapa di antaranya setting pedesaan yang paling aku sukai. Oke deh .. ini di antaranya :

7 Sinetron Jaman Dulu Yang Jadi Favoritku

Rumah Masa Depan

7 Sinetron Jaman Dulu

Setting Sunda, cerita tentang sebuah keluarga 3 generasi yang menarik yang tinggal di Cibeureum. Tokoh sentralnya adalah Bayu (Septian Dwi Cahyo yang jago pantomim itu), Nana panggilan dari Gerhana yang diperankan oleh Andi Ansi, Aminah Cendrakasih pemeran Bu Sukri, Pak Sukri yang diperankan oleh Dedi Sutomo. Alhamdulillah Dedi Sutomo juga masih main film saat ini, ya. Terakhir di film Kartini yang berperan sebagai Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat.

Bisa dilihat : Film Kartini 2017

Oh ya, generasi pertama sang Nenek di Sinetron Rumah Masa Depan ini diperankan oleh Ibunda dari Aminah Cendrakasih yaitu Mak Wok. Dulu terkenal loh dan sering main film. Nama aslinya adalah Woli Sutinah. Adapun pemeran sang kakek adalah Hamid Arif yang juga pemain film kawakan sejak dulu.

Cerita tiap episodenya sangat menarik. Balutan keluarga ideal yang bersahaja yang menata keluarga, bertetanggan dan berteman dengan baik.

Jendela Rumah Kita

Jendela RUmah Kita

Yang masih terngiang di telinga adalah nama Jojo. Diperankan oleh Dede Yusuf. Desi Ratnasari juga mulai berkibar. Di acara ini aku melihat sosok Novia Kolopaking setelah sebelunya pernah mendengar namanya di Sandiwara Radio Saur Sepuh.

Serial ini disutradai oleh Dedi Setiadi dan Ismail Sofyan Sani, dengan durasi 60 menit (16 episode). Film ini ditayangkan oleh TVRI.

Losmen

Losmen

Nah kalau film ini kental nuansa Yogya. Dalam film ini aktor dan aktrisnya keren-keren loh. Masih ingat juga ketika Mieke Wijaya memerankan Bu Broto yang berpasangan dengan Mang Udel sebagai Pak Broto. Pemeran lainnya adalah Sutopo HS sebagai pelayan dan putri Bu Broto yang diperankan oleh Dewi Yull. Selain itu ada Machias Muchus, Eeng Saptahadi dan lainnya.

Seru banget. Biasanya nonton ini selalu sama keluarga.

Aku Cinta Indonesia

7 Sinetron Jaman Dulu

Nah kalau ini film remaja. Kehidupan anak-anak SMP tempo doeloe yang sangat menarik diikuti. Disingkat A.C.I. Dalam lagunya dijadikan singkatan dari nama tokohnya Amir diperankan oleh Agil Syahrial (terkenal nih dulu yang juga ikut akting di film Lupus), Cici  diperankan oleh Dyah Ekowati Utomo dan Ito oleh Ario Sagantoro. Pemeran yang menjadi favoritku tentu saja Cici yang manis. Sekarang dia jadi apa, ya? ha ha.




Kisanya adalah keseruan tentang konflik dengan Wati yang diperankan oleh Tursina Andriani. Konflik ini selalu ada di tiap episode namun dikemas sangat tidak membosankan. Mau deh kalau ditayang ulang lagi film dengan setting salah satu sekolah di Depok ini.

1 Kakak 7 Ponakan

1 kakak 7 ponakan

Nah ini film lucu. Suka banget akting mereka yang memerankan tokoh ini, antara lain Novia Kolopaking Sandy Nayoan, Derry Drajat, Nia, Deddy, Ozzy, Cheria Hade dan lainnya. Lagunya juga asyik, hafal deh sampe sekarang. Judulnya, Jangan Risaukan.

Jangan risaukan awan hitam, petir, atau banjir Masih ada pepohonan yang ditanam sebelum kamu lahir Jangan cemaskan masa depan, kini, atau nanti Masih ada kesempatan yang ketemu bila kau cari, dst. 

Si Doel Anak Sekolahan

Si Doel Anak Sekolahan

Kalau yang ini pasti banyak yang hafal ya. Karena sering di tayang ulang di beberapa televisi swasta. Rano Karno, aktor idola masa remaja dulu yang juga menjadi pemeran utama di film Gita Cinta dari SMA itu, menjadi si Doel, Cornelia Agatha jadi Sarah, Maudi Kusnaedi menjadi Jenab, Mandra, Aminah Cendrakasih, Alm. Benyamin S, dan banyak lagi.

Bisa di lihat di : Film Galih dan Ratna 2017 vs Gita Cinta dari SMA, Mana Yang Lebih Bagus?

Keluarga Cemara

Keluarga Cemara

Ini adalah sinetron favorit keluarga. Pemeran Abah menjadi sosok idola seorang bapak yang baik dalam membina keluarga yang diperankan oleh Adi Kurdi. Selain itu Emaknya diperankan oleh Novia Kolopaking yang kemudian digantikan oleh Lia Waroka yang mendidik ketiga anaknya Euis, Cemara, dan Agil. ———— Agilll, kenapa atuh kamu teh wkwkwk.

Sebetulnya masih banyak sinetron yang beberapa aku ikuti seperti Gerhana, Tersanjung yang entah sampai episode ke berapa, juga Si Cecep. Namun biar tidak terlalu banyak di edisi nostalgia ini, aku batasin aja dulu di 7 Sinetron Jaman Dulu Yang Jadi Favoritku. Kapan-kapan kita cerita-cerita hal-hal yang jadul di blog ini, selain cerita batik, tentunya.

Yang jadul lainnya nih buat nostalgia, bikin senyum-senyum dah :

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

1 Comment

  1. andi says:

    jadi inget dulu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.