Free SSL Certificate
Menginap di Hotel Klub Bunga Batu Malang
Menginap di Hotel Klub Bunga Batu | Wisata Malang
December 28, 2016
menulis di blog
Beda Nulis di Blog dan di Catatan Biasa
December 30, 2016

7 Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Toko Online

Toko Online Batik

Dua tahun yang lalu, saya tidak percaya ketika suamiku, MYY menyarankan untuk mempunyai perangkat android yang mumpuni, dapat mengakses cepat dan tahan banting. Karena saya tidak begitu peduli dengan yang namanya handphone, smartphone atau apapun sebutannya. BB tuir onyx 1 sudah cukup untuk berhalo-halo, atau sekedar sms dan bbm. Belakangan ternyata terbukti penting. Smartphone adalah perangkat yang multifungsi dan sangat membantu ketika mengelola sebuah toko online saat ini.

Dulu juga tidak percaya kalau yang namanya marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia akan membantu memberikan kontribusi meraih pelanggan yang loyal. Saya tidak begitu peduli, dan semua menggantungkan kepada kemampuan web yang ampuh jika apa yang ditawarkan muncul di halaman pertama google. Saya tahu ini, karena sejak tahun 2009, saya sedikit suka menyaksikan, betapa bangganya jika salah satu blognya suami muncul di halapan pertama mesin pencari. Artinya, uang akan mengalir deras.

 

Tapi sekarang lain. Lebih-lebih setelah saya diajak MYY kursus singkat di tempat guru olshop di bilangan Sedati. MYY memanggilnya Kang Arul. Mata terbuka lebar dan hal-hal kecil yang sebelumnya sama sekali tidak pernah dipikirkan, saat ini menjadi penting.

Jadi, Inilah Yang Harus Disiapkan Ketika Membuka Toko Online

Siapa Tenaga

Siapa bilang pencet-pencet henpon atau keyboard tidak memerlukan tenaga. Sesepi-sepinya, selalu ada yang tidak bisa diduga. Dalam waktu yang bersamaan akan ketemu beberapa orang yang sekedar bertanya. Dan hanya bertanya.

Jika punya produk sendiri, harus memiliki tenaga untuk megirim ke kurir, atau jika di dalam kota siap untuk Cash on Delivery atau COD.

Dalam siap tenaga ini berarti siap sehat. Harus selalu sehat. Aamiin.

Siap Software dan Hardware.

Bagi MYY yang menyelola web usaha ini, komputer adalah wajib juga jaringan internetnya. Printer juga penting dan beruntung kami siap sedia. Karena kadang harus ada cetakan yang harus disisipkan ketika pengiriman, seperti nota atau keterangan yang penting lainnya. Lewat media yang dicetak kita lebih meyakinkan dalam jualan.

Software yang harus disiapkan selain standar untuk catat mencatat, dalam membuat dan memaintenance sebuah web, komputer yang ada disematkan photoshop, lightroom. Kedua perangkat ini sangat penting bari MYY untuk editi foto baik produk maupun untuk foto narsis wkwkwk. Karena mau tidak mau, saya harus tampil di web, supaya web kita memang benar pemiliknya. Ada fotonya. Foto saya, bukan orang lain.

Perangkat lainnya .. ah saya tidak begitu paham. Pokoknya di komputernya penuh deh. Tahunya 2 alat itu saja, karena sering saya pake selain perangkat office yang saya gunakan sejak dulu kala.




Smartphone yang saya sebutkan di atas lebih baik yang murah dan bertenaga daripada mahal tapi tidak kebeli wkwkwkwk. Kami sendiri lebih memilih yang murah-murah saja tapi selama ini dipergunakan cukup nyaman dan cepat, yakni Xiaomi Redmi 3 Pro dan Tab Slate 7 lama digunakan sejak Batik Ganitri berdiri, 2 tahun yang lalu.. Kemampuannya tidak merepotkan dan bikin jengkel karena sering hang, gak kayak si kuwi.

Siap Web

Kami hanya jualan secara online. Web adalah alamat maya toko online, yang harus memberikan kejelasan tentang posisi kami. Web memberikan kepercayaan yang cukup. Kami siap dihubungi 24 jam dan 7 hari seminggu melalui kontak di manapun berada. Bahkan ketika sedang jalan-jalan di sekitar Solo atau ke luar daerah. Seperti di Yogyakarta tempo hari, misalnya. Kadangkala kami harus menjawab pertanyaan jam 11 malam atau jam 2 pagi. Karena web kami tidak pernah tutup seperti toko-toko di dunia offline. (untung juga punya suami yang dunianya terbalik, bisa jaga malam wkwkwk).

web batik ganitri

Ketika bangun tidur, yang dibuka adalah hape dulu, baru ke kamar mandi .. wkwkwkwkwk.

Beruntung MYY yang membangun web BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.id sendiri. Saya tidak perlu repot menghubungi web development, terkecuali kalau dia tidak bisa mengatasi.

Siap Bermedsos

Saya sudah menyampaikan di atas, jika dulu terlalu mengandalkan web, saat ini jangan terlalu tergantung kepada webisite semata. MYY saat ini mengalami kesulitan untuk masuk ke halaman pertama Kang Mas Google. Berbeda dengan 2 tahun yang lalu ketika membangun web BAtikGanitri.Com, batik rangrang selalu kukuh di peringkat pertama dan halaman depan google. Sekarang, “Susah”, katanya.

Siap Produk

Ini sudah pasti. Ada produk yang siap dijual. Produk sendiri atau produk milik orang lain yang memang bisa dijual.

Selain produk dari supplier dan relasi, saya selalu berupaya keras memiliki produk sendiri. Kayaknya puasss kalau produk sendiri laku. Selain mendapatkan laba, hasil karya kita dihargai oleh orang lain itu memiliki kebanggan tersendiri.

Siap Relasi

Relasi dalam berbagai hal. Pengadaan produk, reseller, droppshipper, relasi pengembangan web, guru, dan banyak lagi. Sangat penting, karena semuanya tidak bisa dikerjakan sendiri. Semakin banyak relasi, semakin banyak kemungkinan permasalahan yang ada bisa terpecahkan.

Siap Belajar

Dua tahun yang lalu, saya terlalu mengandalkan suami saya yang memang banyak bergelut di bidang online sebagai blogger. Namun kini, saya mencoba untuk bergelut juga dalam mempelajarinya. Saya harus mulai bermedsos ria, misalnya. Menggunakan twitter dan instagram, mempelajari pengaruh hastag sampai pada riset sederhana supaya tidak salah langkah dalam mengelola usaha dan bergaul di media sosial.

Makanya saya minta dibuatkan blog Catatan Lelly. Sekaligus tempat belajar.

Dua bulan ke belakang ini setelah sering berkonsultasi, terakhir dengan Kang Arul di Surabaya, sedikit melek dengan media sosial. Perlakuaan satu sama lainnya yang berbeda ternyata sangat penting dalam mencari cara untuk meraih pelanggan.

Makanya saya rajin nyepam di twitter ha ha … berburu trending topik untuk mendapatkan view. hihi.

Nanti kalau sudah mahir dan ada perkembangan yang baik, pasti akan saya share. Mirip MYY lah di arkasala.com cerita tentang belajar motretnya. Prakteh, ada hasilnya, langsung ditulis.

Supaya tidak lupa.

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

2 Comments

  1. Dwi Puspita says:

    Oke sip mbak, yg ini ilmu buatku. Soalnya aku jualan online jg, jd ilmu2 penting macam begini sangat aku butuhkan. Sharing mbak disini untuk pembaca sangat bermanfaat. Semoga Allah yang membalasnya…