Free SSL Certificate

Tertarik menulis tentang 7 bentuk canting unik ini karena kebetulan kami berdua browsing tentang batik di beberapa situs yang kemungkinan dapat memberikan inspirasi dalam eksprolasi untuk usaha batikku.

Selalu menemukan yang menarik ketika berselancar dari satu situs ke situs lain. Dan ketemulah dengan canting baik dengan ejaan baru maupun ejaan lama, Tjanting. Di luar negeri sana disebut Tjanting Tool.

Gambar di bawah ini adalah bentuk canting yang sering kita temukan di Indonesia.

canting

Artikel terkait : Tentang Ciri Batik Tulis.

Aku Menemukan 7 Bentuk Canting Unik

Berbeda dengan canting yang sering di temukan di hampir pengrajin batik, paling tidak di Jawa dan Madura yang sering aku lihat langsung prosesnya, berikut adalah canting yang memiliki bentuk lain.

1. Major Brushes Tjanting Tool

7 Bentuk Canting Unik

Canting ini aku temukan di amazon.com. Tentu saja gambarnyapun bersumber dari sana. Pen memiliki kesamaan namun tempat untuk menampung malam berbentuk bulat yang lucu dan menarik. Tjanting Tool yang diadakan oleh Major Brushes ini dihargai $40.13 di Amazon.Com.

2. Art Clay Pottery Printing Stainless Steel Batik Knives Pens Sculpture Craft Pottery Tool

Art Clay Pottery Printing Stainless Steel Batik Knives Pens Sculpture Craft Pottery Tool

Panjang judulnya yang juga diperoleh dari Amazon.Com. bahannya kayu dan stainless steel. Keistimewaannya memiliki tepi pemotong yang tajam yang berfungsi sebagai pemotong, sehingga alat ini cukup sebaguna, selain sebagai alat untuk membatik pada kain juga dapat dibuat untuk mengukir pada gerabah. Harganya cukup murah, yakni $7 saja.

3. Tjanting Tool Boat Set

canting

Alat canting set 4 lebar corot yang berbeda untuk digunakan dengan lilin panas untuk membuat desain batik yang sempurna pada kain.




Ideal untuk digunakan dalam pot lilin yang mendalam karena gaya berbentuk perahu cangkir lilin.

Setiap Alat tjanting terbuat dari batang laquered kayu dan mangkuk logam cor dan cerat.

4. Enkaustikos Wax Writer

Canting Unik

Alat ini sangat menarik karena terdapat pemanas di dalam tabungnya untuk melelehkan lilin atau malam sebagai tintanya. Jadi tidak memerlukan lagi sebuah tungku dan wajan sebagaimana yang kita lihat seperti biasanya.  Alat ini dibuat dari logam kuningan. Harga di Amazon.Com $49.95.

5. Encaustic Flow Pen for Encaustic Wax and Batik

canting

Alat ini dibuat untuk meletakkan garis dan titik-titik yang konsisten dari lilin ke kain dalam pembuatan batik.
Cukup mencairkan sejumlah kecil cat atau malam/lilin dalam reservoir dan kemudian dengan hati-hati menyentuh arus canting. Jarum yang berjalan reservoir akan mendorong; melepaskan aliran malam yang meleleh. Cukup ideal untuk seniman batik. Kelihatannya mirip dengan Enkaustikos Wax Writer (no. 3) hanya beda bentuk. Harga di Amazon $49.95.

6. Canting Elektrik

canting

Aku temukan di Tokopedia yang dijual oleh Manda Panda.  Canting elektrik atau juga dikenal dengan canting listrik.  Tidak perlu menggunakan kompor minyak tanah ataupun kompor listrik, dan pastinya lebih efektif. Terbuat dari tembaga yang berbentuk silinder, yang mampu menampung malam untuk membatik.

7. Canting Cap di Ghana

canting

Nama alatnya tidak menyimak. Pada dasarnya mirip dengan pembuatan batik cap di negeri ini. Hanya saja terlihat dalam video, media canting capnya empuk seperti busa.

Artikel yang berhubungan untuk perbandingan : Batik Cap Khas Solo.

Itulah sekilas yang aku temukan 7 Bentuk Canting Unik Untuk Membuat Batik. Anda punya yang lain?

 

Lelly
Lelly
Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id. Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *