Free SSL Certificate
Jualan Slime Solo
Jualan Slime di Car Free Day Solo
December 26, 2016
Toko Online Batik
Alasan Kami Membuka Toko Online Batik Ganitri
December 27, 2016

7 Alasan Kota Solo Layak Dijadikan Destinasi Wisata

solo kota batik

Solo adalah kota kecil yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Nama lain dari Surakarta ini memiliki luas hanya 44 km2  ini banyak potensi untuk dikunjungi dan dinikmati.

Kondisi saat ini sangat berbeda jauh dengan 20 tahun yang lalu ketika aku tiap hari melakukan perjalanan dari rumah ke kampus Universitas Sebelas Maret yang berjarak hampir 11km. Seakan dari ujung ke ujung karena kediaman kami berada di perbatasan dengan Sukoharjo. Tiap hari akan selalu memperoleh suasana kota yang menggeliat dari pagi sampai malam. Tak pernah berhenti.

Dari Yogyakarta, Solo hanya berjarak kurang lebih 60km saja.

Alasan Kota Solo Layak Untuk Dijadikan Destinasi Wisata.

  • Solo bagian dari sejarah negera ini. Dua Keraton yang membesarkan namanya tidak terlepas dari perjalanan panjang Indonesia semenjak era Kerajaan Mataram bahkan lebih dari itu. Keraton ini pula memiliki sisi yang menarik karena terdapat museum yang memberikan pelajaran sejarah dari peninggalan-peninggalan yang dipamerkan. Keraton Kasunanan dan Mangkunegaran, keduanya layak untuk dikunjungi.
  • Kota yang tidak pernah tidur. Dua puluh empat jam selalu hidup tiap malam. Kita tidak akan susah mencari makanan jika kita merasa lapar di tengah malam atau dinihari, misalnya. Hampir tiap pojok akan ditemukan wedangan hik atau angkringan yang bertebaran di sudut-sudut kota.
  • Salah satu Kota Batik terbesar dan terkenal selain Yogyakarta, Pekalongan, Lasem, Madura, Cirebon dan lainnya. Batik Solo sangat khas dengan sogannya. Kampung Laweyan dan Pasar Klewer adalah tempat yang populer sejak dulu untuk berburu batik.

solo kota batik

 

  • Kuliner khas yang banyak. Soto di daerah Gading, Liwet Keprabon, Timlo Solo dan banyak lagi selain wedangan hik yang sudah disebutkan yang terkenal dengan nasi kucingnya.
  • Kereta wisata yang melintas kota Solo, yakni Jaladara dengan lokomotif uap yang berbahan bakar kayu jati. Kepulan asap kereta di tengah kota saat ini menjadi yang unik. Terlebih jika melintas di Jalan Slamet Riyadi yang juga menjadi jalan tempat berlangsungnya Car Free Day, menjadi hal yang layak untuk dinikmati betul.
  • Transportasi yang lengkap. Untuk menuju Solo, dari berbagai daerah sangat mudah baik dari Timur Pulau Jawa maupun Barat. Pesawat Udara, Kereta Api, Bus yang berbagai kelas tersedia. Hanya kapal laut yang tidak ada karena Solo tidak punya pantai. He he.
  • Banyak hotel berbagai kelas dari kelas melati sampai berbintang, dari yang di tengah kota sampai pada pinggiran. Kita tidak khawatir dengan area untuk menginap. Yang menarik adalah di pinggiran kota seperti di Kampung Laweyan. Selain mudah jalan-jalan di kampung batik, aroma khas lilin/malam dan batik terasa sekali.

Sebetulnya masih banyak lagi yang menarik sebagai alasan kota Solo atau Surakarta layak menjadi tempat anda berwisata seperti daerah wisata sekitarnya yang antara lain : Makam Mantan Presiden Soeharto di Mangadeg, Tawangmangu dengan arena wisata hutan dan air terjun di sekitarnya serta beberapa candi yang juga populer, antara lain Candi Cetho dan Candi Sukuh.

Jangan ragu untuk mengunjungi Kota Solo, ya!

 

Lelly
Lelly

Lelly, ibu dari 3 orang anak, pemilik Toko Online BatikGanitri.Com dan BatikGanitri.Co.Id.
Batik Ganitri menyediakan batik tulis, batik cap, batik printing, shibori, jumputan dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Juga menerima seragam batik untuk sekolah, instansi, pramugari dan seragam keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

javascript hit counter