Free SSL Certificate

Penyanyi Pop Indonesia Populer Tahun 80an, Edisi Nostalgia. Kembali nostalgia. Karena semalam ketika aku mengerjakan tugas ekstra, tetangga sebelah yang sedang hajatan menghidangkan lagu-lagu lama. Menjelang aku kelar sampai jam 1an, lagu-lagu yang sering aku dengar ketika sekolah SD itu masih didendangkan. Entah dari kaset atau MP3.

Btw judulnya lucu ya. Pop itu kan dari populer he he. Wis ben, lah.

Setiap lagu yang lagi on, aku tanya judul dan penciptanya. Kayak acara Berpacu Dalam Melody. Langsung reflek buat posting Edisi Nostalgia.

Ohya, yang aneh adalah MYY yang hampir semua lagu hafal. Kecuali ada beberapa juga penyanyinya yang lupa. Tapi hampir seluruh lagu yang mengalir, dia tahu. Bayangkan sejak jam 8an malam gak henti. Entah berapa puluh lagu. Ketika lagu kemudian muncul ketika aku beres-beres menjelang tugas kelar, barulah dia sedikit melamun, dan terlihat sedih. Aku inget bapak, katanya. Hihi. Coba tebak lagu apa?

Penyanyi Pop Indonesia Populer Tahun 80an, Yang Kenal Usianya Ketahuan.

Penyanyi Pop Populer Tahun 80an

Sumber : SC Google Search Image

Barengan nulis ini aku tanya lagi MYY, karena dia yang hafal lagu ini. Lagian untuk lagu dan artis, ingatannya kuat. Ini yang dia ingat.

Obbie Mesakh

Ada lantunan Kisah Kasih di Sekolah ketika kami mulai mendengarkan lagu yang tidak begitu keras itu muncul dari speaker yang disiapkan untuk sebuah acara mantenan. Ini lagu populer dulu dan beberapa anak mudah juga sekarang ada yang hafal kelihatannya karena pernah ada rilis ulang. Aku hafal. MYY apalagi.

Dian Piesesha

Lagu yang populernya pada saat dia muncul ke blantika musik Indonesia adalah Tak Ingin Sendiri. Anak-anak muda dulu yang gitaran di depan rumah sering melantunkan lagu ini selain lagu Holidaynya Scorpion.

Tommy J Pisa

Aku ingat lagu ini karena ada kejadian lucu ketika Aku, Arka dan MYY jalan bareng. Ketika ada lirik “yang ada hanya hitam, yang ada hanya kelam
aku melangkah dengan perasaan”, Arka nyeletuk, “Gak kelihatan ya Pa”. Aku ketawa habis ha ha. Arka waktu itu masih kelas 3 SD kalau tidak salah dan masih di Surabaya.

Ya, lagu ini kembali semalam terdengar lagi. Judulnya Suratan.

Iis Sugianto

Eh ini juga melantun semalam. Kelihatannya emang kaset campuran yang disetel. Jangan Sakiti Hatinya  sangat merdu terdengar. Lagi-lagi aku takjub. MYY hafal tanpa salah ha ha. Ckckck .. baru tahu aku. “Yang ciptain, Rinto Harahap”, katanya. Buset.

Heidy Diana

Penyanyi Pop Populer Tahun 80an

Sumber : SC Youtube

Dia bawakan lagu Bintangku Bintangmu. Coba tebak bintangku apa?

Sambil nulis ini aku ingat-ingat terus sambil tanya-tanya MYY lagu apa yang ingat semalam, yang lagi sibuk chatting dengan mas Ary karena baru saja dia launching usaha Jasa Fotografi yang baru. Saingannya Ganitri Photography ha ha.

Boleh mampir sejenak di Jasa Fotografi Pernikahan Surakarta

Helen Sparingga

“Ini lagu siapa Pa?” Aku tanya sebuah lagu dengan lirik awal Bergulung ombak laut biru, …. dst. “Helen Sparingga”, dia jawab. “Judulnya Antara Hitam dan Putih”. Wkwkwk wk .. tahu dia.

Andi Meriem Matalata

“Kalo ini judul lagunya apa, Pa?”, tanyaku lagi. “Januari Yang Biru”, jawabnya. Duh .. sakjane bojoku iki mbiyen kuliahe opo? Istilah hukum malah lali kabeh. Untuk penyanyi ini aku malah inget Bapak almarhum.

Nia Daniati

Gelas-gelas Kaca lagu yang terdengar dari speaker. Tahu juga he he. Beberapa waktu yang lalu Nia Daniati sering muncul di televisi ya.

Betharia Sonata

Kalau ini aku juga tahulah. Ingat tampar menampar ha ha. Iya, dulu sempat jadi kontroversi karena Pak Harmoko waktu itu memberi keterangan tentang anjuran untuk tidak membuat lagu cengeng, persis ketika lagu Hati Yang Luka meledak. Aku juga hafal, apalagi suamiku he he.

Itu tadi beberapa lagu campuran masa lalu yang didendangkan. Ada sebuah album full juga yang diperdengarkan dari speaker yang gede, tapi mengalun sayup-sayup. Ini diantaranya :

Ebiet G Ade

Aku Ingin Pulang, Kupu-kupu Kertas, sampai akhir. Lagu kedua ini MYY sering mendengarkan sambil gitaran. Lagu favoritnya. Jadi lagu di Sinetron dengan judul yang sama dengan lagu pertama.

Langsung aja ke lagu terakhir yang aku ingat ketika kelar mengerjakan tugasku ya.

Titik Puspa

Bing, judul lagunya yang mengalun dan bikin MYY merenung dan melamun. “Inget Bapak”, katanya. Akupun jadi ikutan sedih. Lagu yang masih enak didengar walau sudah puluhan tahun diciptakan ini seakan memberikan memori tersendiri bagi suamiku. He he.

Ini Alasan Kenapa MYY Hafal Lagu Pop Jaman Dulu.

Aku tanya setelah beres-beres tadi, sambil menahan ngantuk. Karena penasaran juga. Kaget kalau dia hafal begitu banyak lagu tempo doeloe.

Jadi ceritanya begini.

Waktu kecil, MYY diapit oleh dua rumah yang kalau nyetel kaset, kenceng-kencengan. Rumah tetangga belakang yang jaraknya 3 kolam saja sampai terdengar. Keduanya sama-sama suka lagu pop dan Jaipong.

Rumah yang di belakang itulah yang paling sering, karena selain terdengar dari kejauhan juga anaknya teman sepermainan. Hampir tanpa henti memutar kaset dari pagi sampai sore. Kalau malam jarang, karena nonton TV. Lagu-lagu yang diperdengarkan juga semua pop melankolis itu. Otomatis jadi hafal. Selain itu, satu-satunya media promosi untuk lagu di TVRI adalah Aneka Ria Safari.

Sementara di rumahnya, kaset yang ada hanya Ebiet, Calung Hendarso dan Degung.

Aku coba tanya, lagu calung apa yang diingat? “Jalan Braga, Maribaya, Di Suku Gunung Manglayang”, katanya.

Dah, segitu dulu edisi nostalgia hari ini. Yang seumuran pasti lagi mesam-mesem.

Edisi nostalgia lainnya bisa dibaca di bawah ini ya!

October 27, 2017
Penyanyi Pop Populer Tahun 80an

Penyanyi Pop Indonesia Populer Tahun 80an, Edisi Nostalgia

Penyanyi Pop Indonesia Populer Tahun 80an, Edisi Nostalgia. Kembali nostalgia. Karena semalam ketika aku mengerjakan tugas ekstra, tetangga sebelah yang sedang hajatan menghidangkan lagu-lagu lama. Menjelang […]
October 26, 2017
Batik Indonesia

Batik di Indonesia Paling Terkenal, Kamu Wajib Tahu!

Banyak dari kamu pasti sudah tahu kan kalau batik merupakaan kekayaan Indonesia yang telah diakui oleh dunia? Keistimewaan batik Indonesia tidak hanya memukau masyarakat dalam negeri […]
October 9, 2017
Paket Pernikahan Jakarta Murah

Paket Pernikahan Jakarta Murah dan Mewah | Wedding Organizer By Liseu

Paket Pernikahan Jakarta Murah dan Mewah sekaligus sebagai Wedding Organizer bernama Teh Lisa Wedding ini dimiliki oleh adik sepupu MYY yang bernama Liseu. Aku sendiri belum […]
October 2, 2017
Jasa Fotografi Prewedding

Jasa Fotografi Prewedding – Post Wedding Solo / Surakarta dan Sekitarnya

Jasa Fotografi Prewedding – Post Wedding Solo / Surakarta dan Sekitarnya maksudnya untuk customer atau lokasi pemotretan di Solo/Surkarta, Boyolali, Wonogiri, Klaten, Karanganyar, Sragen, Yogyakarta, Salatiga […]
javascript hit counter